Salsabila, Sayyidati Safira Salma (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-BOOK BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI IPAS MUATAN GAYA DI SEKITAR KITA UNTUK SISWA KELAS IV TAHUN AJARAN 2023/2024 DI SD NO. 4 JIMBARAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031298-COVER.pdf Download (684kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031298-ABSTRAK.pdf Download (211kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031298-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (146kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031298-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (324kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031298-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (477kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031298-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031298-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (99kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031298-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (178kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031298-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya variasi bahan ajar yang dimiliki guru pads mata pelajaran IPAS. Bertujuan untuk (1) mengetahui rancang bangun E-Book berbasis pada materi IPAS muatan Gaya di Sekitar Kita, (2) mengetahui kelayakan E-Book menurut review para ahli serta subjek uji coba dan (3) mendeskripsikan efektivitas E-Book berbasis pada materi IPAS muatan Gaya di Sekitar Kita dengan analisis data statistic inferensial uji-t satu sampel. Tipe penelitian pengembangan (RnD) ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, kuisioner dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah Teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian adalah (1) rancang bangun E-Book berbasis pada materi IPAS muatan Gaya di Sekitar Kita disajikan secara elektronik berbentuk link hayzine yang bisa diakses melalui komputer/laptop dan handphone. (2) E-Book dinyatakan layak berdasarkan peniliaan ahli isi/materi pelajaran memperoleh kualifikasi sangat layak (95%), ahli desain instruksional memperoleh kualifikasi sangat layak (92,85%), ahli media pembelajaran memperoleh kualifikasi sangat layak (90%), uji coba perorangan memperoleh kualifikasi sangat layak (90%) dan uji coba kelompok kecil memperoleh kualifikasi sangat layak (94,16%). (3) Hasil uji efektivitas yang dianalisis dengan menggunakan statistic inferensial Teknik uji-t satu sampel memperoleh hasil t_hitung 3,491, dengan df = n -1 = 30 – 1 = 29 pada taraf signifikasi 5% t_tabel 1,699, maka t_hitung = 3,491 > t_tabel = 1,699. Hasil tersebut menunjukkan bahwa H_0 ditolak dan H_1 diterima, sehingga hasil belajar siswa mendapatkan rata-rata 83,5 dinyatakan lebih dari 75 (KKTP). Sehingga dapat disimpulkan bahwa E-Book berbasis kontekstual efektif dan layak diterapkan dalam proses pembelajaran mata pelajaran IPAS muatan gaya di sekitar kita untuk siswa kelas IV tahun ajaran 2023/2024 di SD No. 4 Jimbaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: E-Book, pengembangan, ADDIE, IPAS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Sayyidati Safira Salma Salsabila |
Date Deposited: | 14 Aug 2024 00:57 |
Last Modified: | 14 Aug 2024 00:57 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21619 |
Actions (login required)
View Item |