AN ANALYSIS OF USING YOUTUBE VIDEOS IN TEACHING WRITING COMPETENCY IN SEVEN GRADE AT SMP N 2 SINGARAJA

Fridayani, Kadek Budi (2024) AN ANALYSIS OF USING YOUTUBE VIDEOS IN TEACHING WRITING COMPETENCY IN SEVEN GRADE AT SMP N 2 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1712021042-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1712021042-ABSTRAK.pdf

Download (64kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1712021042-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (76kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1712021042-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1712021042-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1712021042-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1712021042-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1712021042-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (130kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1712021042-LAMPIRAN.pdf

Download (811kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan video youtube dan masalah yang dihadapi guru saat menggunakan video youtube dalam mengajar menulis pada siswa kelas tujuh di SMP N 2 Singaraja. Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif yang berfokus pada pemecahan masalah yang berbasis data, penyajian data, dan kelengkapan data. Teknik yang digunakan untuk memperoleh data adalah observasi dan wawancara, dengan menggunakan lembar observasi dan pedoman wawancara melalui penelitian sendiri. Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 2 Singaraja dengan seorang guru bahasa inggris dan menggunakan dua kelas yaitu: VII 1 dan VII 2. Dalam lembar observasi, seorang guru bahasa inggris menggunakan empat tahap menulis, yaitu: pra-menulis, menyusun, merevisi dan mengedit. Dalam pedoman wawancara terdapat dua indikator yang menjadi permasalahan yaitu: Keterampilan guru mengajar dan kebiasaan guru mengajar. Pada indikator pertama, kurangnya kemampuan guru mengelola waktu mengajar sehingga proses belajar menjadi kurang efektif. Pada indikator kedua, guru kurang menyiapkan media belajar yang dibutuhkan oleh siswa. Itulah hasil penelitian bahwa masih banyak teknik dan cara untuk menerapkan keempat tahapan mengajar menulis menggunakan video youtube.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Video Youtube, Mengajar Kompetensi Menulis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Kadek Budi Fridayani
Date Deposited: 02 Aug 2024 03:47
Last Modified: 02 Aug 2024 03:47
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21792

Actions (login required)

View Item View Item