PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) IPA BERBASIS ETNOSAINS UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK KELAS VII

Agustyari, Ni Luh Heny (2024) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) IPA BERBASIS ETNOSAINS UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK KELAS VII. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1923071018-COVER2.pdf

Download (3MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1923071018-ABSTRAK.pdf

Download (578kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1923071018-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1923071018-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
BAB 3 METODELOGI PENELITIAN_watermark.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1923071018-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1923071018-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (716kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1923071018-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1923071018-LAMPIRAN.pdf

Download (18MB)

Abstract

Agustyari, Ni Luh Heny (2024). Pengembangan LKPD IPA Berbasis Etnosains untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik Kelas VII. Tesis, Pendidikan IPA, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini telah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I: Prof. Drs. I Wayan Subagia, M.App.Sc., Ph.D. dan Pembimbing II: Prof. Dr. Ni Ketut Rapi, M.Pd. Kata kunci: LKPD, etnosains, literasi sains Penelitian ini bertujuan menghasilkan lembar kerja peserta didik (LKPD) IPA berbasis etnosains yang valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan literasi sains peserta didik. Desain penelitian ini menggunakan model 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan et al. (1974), yang terdiri dari tahap define, design, develop, dan disseminate. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian validitas oleh ahli, angket kepraktisan respon guru dan peserta didik, dan tes literasi sains. Penelitian ini menunjukkan hasil sebagai berikut. 1) Nilai rata-rata validitas isi/materi sebesar 92,04, validitas media sebesar 96,00, dan validitas bahasa 94,00. Validitas isi/materi, media, dan bahasa menunjukkan hasil sangat valid, 2) kepraktisan berdasarkan respon guru menunjukkan nilai 90,55 dan 85,33 berdasarkan respon peserta didik. Kedua hasil tersebut menunjukkan kategori sangat praktis, dan 3) produk LKPD IPA berbasis etnosains efektif dalam meningkatkan literasi sains sesuai dengan hasil analisis skor N-Gain yang menunjukkan nilai 0,60.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: LKPD, ETNOSAINS, LITERASI SAINS
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan IPA (S2)
Depositing User: Ni Luh Heny Agustyarini
Date Deposited: 06 Aug 2024 12:02
Last Modified: 06 Aug 2024 12:02
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21852

Actions (login required)

View Item View Item