Wulandari, I Gusti Ayu Agung Manik (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adaptive Mobile Learning Untuk Menstimulasi Sosial-Emosional Pada Anak Usia Dini. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2229171015-COVER.pdf Download (474kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2229171015-ABSTRAK.pdf Download (47kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229171015-BAB 1 PENDAHULUAN .pdf Download (127kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229171015-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (252kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
2229171015-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (344kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229171015-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2229171015-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (54kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229171015-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (230kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2229171015-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran berbasis Adaptive mobile learning Pada Anak Usia Dini di TK Rare Bali School. (2) Mendeskripsikan validitas rancangan media pembelajaran berbasis Adaptive mobile learning yang dikembangkan meliputi tanggapan ahli isi pelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, dan tanggapan anak di TK Rare Bali School. (3) Menguji efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis Adaptive mobile learning terhadap sosial-emosional anak di TK Rare Bali School. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan sebagai acuan dalam pengembangan produk pembelajaran yaitu ADDIE. Subjek penelitian yaitu 2 ahli isi pelajaran dan 2 ahli media pembelajaran. Subjek uji coba terdiri atas 3 anak untuk subjek uji coba perorangan dan 6 anak untuk uji coba kelompok kecil. Subjek uji coba efektifitas produk berjumlah 19 orang anak. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, pencatatan dokumen, dan kuesioner. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar kuesioner dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif, kuantitatif, dan statitsik inferensial. Hasil penelitian menunjukan: (1) Proses pengembangan media pembelajaran berbasis adaptive mobile learning menggunakan model ADDIE yang meliputi lima tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi; (2) Rancangan media pembelajaran berbasis adaptive mobile learning valid dengan 1) hasil review ahli isi pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (93,15%) 2) hasil review ahli media pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (95,25%). 3) hasil uji coba perorangan 96% dan uji coba kelompok kecil (96,6%) sehingga mendapat kualifikasi sangat baik; (3) nilai signifikansi sebesar 0.000 maka 0.000 < 0.05, sehingga bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan sosial-emosional anak sebelum dan setelah mengikuti kegiatan pembelajaran dengan media pembelajaran berbasis adaptive mobile learning pada anak TK B Rare Bali School Singaraja.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Adaptive Mobile Learning, Sosial Emosional, Anak Usia Dini |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini (S2) |
Depositing User: | I Gusti Ayu Agung Manik Wulandari |
Date Deposited: | 06 Aug 2024 12:45 |
Last Modified: | 06 Aug 2024 12:45 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21872 |
Actions (login required)
View Item |