Apriadi, Ramadhan (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL FIKIH BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (Cover)
2229071003-COVER.pdf Download (534kB) |
|
Text (Abstrak)
2229071003-ABSTRAK.pdf Download (119kB) |
|
Text (Bab 1 Pendahuluan)
2229071003-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (163kB) |
|
Text (Bab 2 Kajian Teori)
2229071003-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (345kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 3 Metodelogi Penelitian)
2229071003-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (306kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 4 Hasil Dan Pembahasan)
2229071003-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (944kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 5 Penutup)
2229071003-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (59kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
2229071003-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (198kB) |
|
Text (Lampiran)
2229071003-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Apriadi, Ramadhan (2024), E-Modul Fikih Berbasis Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa Madrasah Ibtidaiyah. Tesis, Teknologi Pendidikan, Program Pasca Sarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I: Prof. Dr. Ketut Agustini, S.Si., M.Si. dan Pembimbing II: Prof. Dr. Ni Nyoman Parwati, M.Pd. Kata kunci: E-Modul, Fikih, Problem Based Learning, Berpikir kritis Kurangnya bahan ajar yang efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fikih. Sumber belajar siswa yang digunakan hanya sebatas menggunakan buku teks yang diperoleh dari sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan E-Modul Fikih berbasis problem based learning yang valid, praktis dan efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa madrasah ibtidaiyah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan ADDIE. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, kuesioner dan tes. Subjek penelitian adalah siswa kelas V MI MAYA Seririt berjumlah 30 siswa. Instrumen penelitian berupa kuesioner validitas, kuesioner kepraktisan, tes kemampuan berpikir kritis, dan kuesioner persepsi siswa dan guru. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif, analisis deskriptif kuantitatif, dan analisis statistik inferensial uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-Modul Fikih berbasis problem based learning dinyatakan valid dengan hasil review ahli isi pembelajaran sebesar 95% (sangat baik), ahli media pembelajaran sebesar 92% (sangat baik), ahli desain pembelajaran sebesar 94% (sangat baik), uji kepraktisan sebesar 91% (sangat praktis), uji perorangan sebesar 95% (sangat baik), uji kelompok kecil sebesar 92% (sangat baik), uji-t paired sample t-test dengan taraf signifikansi α = 0.05 diperoleh nilai Sig (2-tailed) sebesr 0,000 < 0,005 disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kritis siswa sebelum dan sesudah diterapkan E-Modul Fikih berbasis problem based learning. Nilai rata-rata pretest sebesar 63.00 dan nilai rata-rata posttest sebesar 80.67. Setelah dicocokkan dengan Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) mata pelajaran Fikih dengan nilai minimal 70, dapat dinyatakan bahwa E-Modul Fikih berbasi problem based learning efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa Madrasah Ibtidaiyah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa E-Modul Fikih berbasis problem based learning valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa Madrasah Ibtidaiyah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-Modul, Fikih, Problem Based Learning, Berpikir kritis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Teknologi Pembelajaran (S2) |
Depositing User: | Ramadhan Apriadi |
Date Deposited: | 08 Aug 2024 01:36 |
Last Modified: | 08 Aug 2024 01:36 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21875 |
Actions (login required)
View Item |