Pengaruh model pembelajaran kooperatif terhadap hasil belajar permainan bola kasti ditinjau dari motivasi belajar pada peserta didik sekolah dasar

Juniada, I Wayan De (2024) Pengaruh model pembelajaran kooperatif terhadap hasil belajar permainan bola kasti ditinjau dari motivasi belajar pada peserta didik sekolah dasar. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2129121014-COVER.pdf

Download (579kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2129121014-ABSTRAK.pdf

Download (49kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2129121014-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (147kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129121014-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (667kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129121014-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129121014-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (325kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2129121014-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129121014-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (118kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2129121014-LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan penelitian treatment by level. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh model pembelajaran kooperatif terhadap motivasi belajar permainan bola kasti pada peserta didik kelas V SDN 6 Karangasem tahun Pelajaran 2023/2024. Subjek penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SDN 6 Karangasem tahun Pelajaran 2023/2024 yang berjumlah 51 siswa. Seluruh siswa dipilih sebagai subjek penelitian. Data hasil belajar dikumpulkan melalui tes objektif dan unjuk kerja, sedangkan data motivasi dikumpulkan melalui kuesioner. Data dianalisis dengan menggunakan ANOVA dua jalur dalam analisisnya digunakan bantuan program SPSS 26 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama terdapat pebedaan hasil belajar antara peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) berbantuan media gambar dan yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) tidak berbantuan gambar, Kedua terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) berbantuan media gambar dan motivasi terhadap hasil belajar lempar tangkap bola kasti, Ketiga pada peserta didik dengan motivasi tinggi, hasil belajar lempar tangkap bola kasti yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) berbantuan media gambar lebih tinggi dari pada peserta didik yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) tidak berbantuan gambar, Keempat pada peserta didik dengan motivasi rendah, hasil belajar lempar tangkap bola kasti yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) berbantuan gambar lebih rendah dari pada peserta didik yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) tidak berbantuan media gambar.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif, Motivasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Olahraga (S2)
Depositing User: I WAYAN DE JUNIADA
Date Deposited: 07 Aug 2024 05:35
Last Modified: 07 Aug 2024 05:35
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21899

Actions (login required)

View Item View Item