Gunawan, Ikadek (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR PJOK MATERI KEBUGARAN JASMANI PESERTA DIDIK KELAS VI DI GUGUS V SEKOLAH DASAR KECAMATAN SAWAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2016011057-COVER.pdf Download (8MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2016011057-ABSTRAK.pdf Download (38kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2016011057-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (8MB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2016011057-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
2016011057-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2016011057-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2016011057-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2016011057-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (8MB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2016011057-LAMPIRAN.pdf Download (11MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar PJOK antara siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran konvensional pada siswa kelas VI di Gugus V Kecamatan Sawan tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan bentuk desain Pretest Postest Control Group Design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI Gugus V Kecamatan Sawan yang terdiri dari 6 sekolah dasar dengan jumlah siswa 155 orang. Sampel yang digunakan yaitu 2 sekolah dimana SD Negeri 6 Sangsit sebagai kelas eksperimen terdapat 21 siswa dan SD Negeri 2 Sangsit sebagai kelas kontrol terdapat 27 siswa, pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes tulis untuk pengetahuan dan tes unjuk kerja untuk keterampilan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan independent sample t test. Hasil penelitian menunjukkan nilai hasil belajar kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata 84,54 dan hasil belajar kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 66,61, setelah diuji menggunakan independent sample t test hasil ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan dengan nilai signifikasi <0,001. Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar PJOK siswa kelas VI yang ada di Gugus V Kecamatan Sawan. Kata Kunci : Model Pembelajaran, TGT, Kebugaran, PJOK.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran, TGT, Kebugaran, PJOK |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1) |
Depositing User: | I Kadek Gunawan |
Date Deposited: | 08 Aug 2024 02:50 |
Last Modified: | 08 Aug 2024 02:50 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21906 |
Actions (login required)
View Item |