PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PJOK MATERI PASSING ATAS BOLA VOLI PADA PESERTA DIDIK KELAS XA SMA TUNAS DAUD DENPASAR

Surbakti, Eykel Sialoan (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PJOK MATERI PASSING ATAS BOLA VOLI PADA PESERTA DIDIK KELAS XA SMA TUNAS DAUD DENPASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1716011064-COVER.pdf

Download (787kB)
[img] Text (ABSTRAK)
171601106-ABSTRAK.pdf

Download (249kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1716011064-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (108kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1716011064-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
1716011064-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL PENELITIAN DAH PEMBAHASAN)
1716011064-BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (314kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1716011064-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1716011064-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (115kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1716011064-LAMPIRAN.pdf

Download (985kB)

Abstract

Jenis penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) atau classroom action research. Subyek penelitian ini peserta didik kelas XA SMA Tunas Daud Denpasar yang berjumlah 30 peserta didik, terdiri dari 14 peserta didik putra dan 16 peserta didik putri. Rancangan penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus, dengan masing-masing siklus terdiri atas 2 (dua) kali pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data hasil belajar yang digunakan untuk melakukan observasi hasil belajar yaitu dengan menggunakan penilaian hasil belajar (assesment). Peningkatan yang terjadi terlihat dari nilai siklus I sampai siklus II. Ketuntasan belajar pada aspek pengetahuan pada siklus I yaitu sebesar 76,7% pada siklus II meningkat sebesar 21,7% menjadi sebesar 93,3%. Selanjutnya, ketuntasan belajar pada aspek keterampilan pada siklus I yaitu sebesar 76,7% pada siklus II meningkat sebesar 17,4% menjadi sebesar 90,0%. Data tersebut menunjukkan terjadinya peningkatan hasil belajar PJOK pada materi bola voli pada siklus I sampai dengan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran (PjBL) dapat meningkatkan hasil belajar PJOK pada materi bola voli untuk siswa kelas XA SMA Tunas Daud Denpasar tahun ajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL), Hasil belajar, Bola Voli
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1)
Depositing User: Eykel Sialoan Surbakti
Date Deposited: 09 Aug 2024 06:12
Last Modified: 09 Aug 2024 06:12
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21960

Actions (login required)

View Item View Item