KOMPARASI STRATEGI PEMBELAJARAN PETA PIKIRAN, PETA KONSEP, DAN PETA ARGUMEN DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Widyastuti, Ni Putu (2024) KOMPARASI STRATEGI PEMBELAJARAN PETA PIKIRAN, PETA KONSEP, DAN PETA ARGUMEN DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1713071033-COVER.pdf

Download (934kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1713071033-ABSTRAK.pdf

Download (243kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713071033-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (426kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713071033-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (426kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI)
1713071033-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (428kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713071033-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (430kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1713071033-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (430kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713071033-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1713071033-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dengan melibatkan 117 siswa kelas VIII dari tiga kelas berbeda di SMP Negeri 4 Singaraja, penelitian ini menggunakan desain quasi-eksperimen untuk membandingkan efektivitas dari peta pikiran, peta konsep, dan peta argumen dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Penelitian ini membandingkan efektivitas peta pikiran dan peta konsep (kelompok eksperimen) dengan peta argumen (kelompok kontrol) dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. Kemampuan berpikir kritis siswa diukur melalui instrumen yang bersifat subjektif. Uji F dengan taraf signifikansi ɑ = 0,05 digunakan untuk analisis ketiga kelompok. Hasil penelitian yang diperoleh nilai F statistik sebesar 5,787 dan perbedaan signifikansi sebesar 0,004. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa kelas VIII yang diajarkan strategi pembelajaran peta pikiran, peta konsep dan peta argumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: keterampilan berpikir kritis, strategi pembelajaran, peta pikiran, peta konsep, peta argumen
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1)
Depositing User: NI PUTU WIDYASTUTI
Date Deposited: 19 Aug 2024 00:53
Last Modified: 19 Aug 2024 00:53
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/21990

Actions (login required)

View Item View Item