PROFIL KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS BERDASARKAN GAYA KOGNITIF SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TABANAN

Cahyaningsih, Komang Ayu Sri Lestari (2024) PROFIL KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS BERDASARKAN GAYA KOGNITIF SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TABANAN. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2013011089_COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2013011089_ABSTRAK.pdf

Download (321kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013011089_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (277kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2013011089_BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (371kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2013011089_BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (426kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013011089_BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2013011089_BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013011089_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (301kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2013011089_LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis yang ditinjau berdasarkan gaya kognitif siswa, jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek pada penelitian yaitu siswa kelas X-10 SMA Negeri 1 Tabanan sebanyak 48 siswa. Sebanyak 28 siswa memiliki gaya kognitif field independent (FI) dan 20 siswa memiliki gaya kognitif field dependent (FD). Instrument yang digunakan yaitu tes kemampuan pemecahan masalah dan wawancara. Subjek yang memiliki gaya kognitif FD kemampuan pemecahan masalah cenderung menentukan langkah-langkah dalam mengerjakan tes kemampuan pemecahan masalah, namun belum dapat menuliskan hasil tes dengan tepat, sedangkan subjek yang memiliki gaya kognitif FI kemampuan pemecahan masalah cenderung menggunakan rumus dan mengerjakan tes kemampuan pemecahan masalah secara berurutan. Dapat disimpukan subjek yang memiliki gaya kognitif FD kemampuan pemecahan masalah kurang baik dalam memecahkan masalah matematis, sedangkan subjek yang memiliki gaya kognitif FI kemampuan pemecahan masalahnya baik dalam memecahkan masalah matematis, karena mampu menyelesaikan tes kemampuan pemecahan masalah yang diberikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, GEFT, Gaya Kognitif
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QP Physiology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: komang ayu sri lestari cahyaningsih
Date Deposited: 19 Aug 2024 01:03
Last Modified: 19 Aug 2024 01:03
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22001

Actions (login required)

View Item View Item