Ikkenayusadewi, Kadek (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Berbantuan Media Konkret Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V SD Gugus Kompyang Sujana Denpasar Barat Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031113_COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031113_ABSTRAK.pdf Download (81kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031113-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (87kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031113-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (191kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031113-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (315kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031113-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (225kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031113-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (163kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031113-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (201kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031113-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk megetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran generatif terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa. penelitian yang tergolong jenis kuantitatif ini memakai rancangan penelitian berupa nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V dengan jumlah siswa sebanyak 230 orang dari 7 kelas. Menggunakan teknik acak atau cluster random sampling dalam penarikan sampel. Sampel yang digunakan yaitu siswa kelas VA SD N 9 Padangsambian dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang sebagai kelompok eksperimen dan kelas VB SD N 2 Padangsambian dengan jumlah siswa sebanyak 33 orang sebagai kelompok kontrol. Dalam mengumpulkan data dilakukan dengan metode tes dalam bentuk tes objektif pilihan ganda biasa dengan jumlah soal yang valid yaitu 34 butir. Uji-t digunakan dalam analisis data penelitian ini. Analisis berdasarkan hasil diperoleh data gain skor ternormalisasi thitung = 4,333 taraf signifikansi 5% dan dk = 63 hasilnya memperoleh ttabel = 2,000 sehingga thitung = 4,333 > ttabel = 2,000. Sesuai dengan kriteria pengujian, Ha diterima sedangkan H0 ditolak. Rata-rata nilai kompetensi pengetahuan IPA pada kelompok yang dibelajarkan dengan model pembelajaran generatif berbantuan media konkret mendapatkan hasil yaitu 47,18 sedangkan rata-rata kelompok yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional hasil kompetensi pengetahuan IPAnya yaitu 31,45. Dapat disimpulkan berdasarkan hasil bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran generatif berbantuan media konkret terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD Gugus Kompyang Sujana Kecamatan Denpasar Barat Tahun Ajaran 2019/2020. Berdasarkan temuan penelitian, penelitian ini disarankan agar dijadikan dalam refrensi untuk melaksanakan penelitian kepada peneliti lain atau menemukan inovasi kegiatan belajar mengajar lainnya yang memacu peningkatan kualitas pendidikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran generatif, media konkret, kompetensi pengetahuan IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | KADEK IKKEN AYU SADEWI |
Date Deposited: | 24 Jul 2020 06:17 |
Last Modified: | 24 Jul 2020 06:17 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2203 |
Actions (login required)
View Item |