Wedastri, Ni Luh Gede Mardewi (2024) SOLIDARITAS TERUNA-TERUNI BANJAR KAJA,DESA ADAT SESETAN, DENPASAR SELATAN DALAM MENJAGA KELESTARIAN TRADISI OMED-OMEDAN, DAN POTENSINYA SEBAGAI SUMBER BELAJAR SOSIOLOGI DI SMA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2014091013 - COVER.pdf Download (551kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2014091013 - ABSTRAK.pdf Download (145kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
2014091013 - BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (238kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN PUSTAKA)
2014091013 - BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (289kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
2014091013 - BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (244kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
2014091013 - BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PENUTUP)
2014091013 - BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (187kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2014091013 - DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (248kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2014091013 - LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) terjadinya solidaritas sosial di Seka Teruna – Teruni dalam menjaga Tradisi Omed – Omedan Banjar Kaja, Desa Adat Sesetan, Denpasar Selatan (2) bentuk – bentuk Solidaritas Teruna – Teruni banjar Kaja, Desa Adat Sesetan, Denpasar Selatan dalam menjaga pelaksanaan Tradisi Omed – Omedan. dan (3) potensi Tradisi Omed – Omedan yang dapat dijadikan sumber belajar untuk pembelajaran Sosiologi di SMA. Metode penelitian yang digunakan yakni metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Dalam terjadinya Solidaritas Sosial di Seka Teruna – Teruni Banjar Kaja dalam menjaga Tradisi Omed – Omedan terdapat beberapa faktor yang mendukung diantaranya : faktor kekerabatan, faktor budaya, dan faktor agama. Adapun bentuk – bentuk Solidaritas Teruna – Teruni banjar Kaja dengan kerjasama yang tinggi untuk tetap menjaga dan melestarikan Tradisi Omed – Omedan, kemudian gotong royong dengan rutin melaksanakan sangkep. Aspek – aspek yang terdapat dalam tradisi Omed – Omedan yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar Sosisologi di SMA yaitu megacu pada Kurikulum Merdeka dengan capaian pembelajaran yaitu di fase F 11.1 terkait dengan Pembentukan Kelompok Sosial. Sehingga dapat di simpulkan bahwa dalam solidaritas sosial yang terdapat dalam STT Satya Dharma Kerti terkait menjaga tradisi Omed – Omedan memuat aspek – aspek yang berpotensi dijadikan sebagai sumber belajar sosiologi di SMA yang berkaitan dengan pembentukan kelompok sosial pada materi solidaritas sosial khususnya pada aspek kognitif, afektif dan psikomotor.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tradisi Omed-Omedan, Solidaritas Sosial, Sosiologi, Sumber Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Sejarah Sosiologi dan Perpustakaan > Program Studi Pendidikan Sosiologi (S1) |
Depositing User: | Ni Luh Gede Mardewi Wedastri |
Date Deposited: | 01 Oct 2024 00:19 |
Last Modified: | 01 Oct 2024 00:19 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22096 |
Actions (login required)
View Item |