SOLIDARITAS TERUNA-TERUNI BANJAR KAJA,DESA ADAT SESETAN, DENPASAR SELATAN DALAM MENJAGA KELESTARIAN TRADISI OMED-OMEDAN, DAN POTENSINYA SEBAGAI SUMBER BELAJAR SOSIOLOGI DI SMA

Wedastri, Ni Luh Gede Mardewi (2024) SOLIDARITAS TERUNA-TERUNI BANJAR KAJA,DESA ADAT SESETAN, DENPASAR SELATAN DALAM MENJAGA KELESTARIAN TRADISI OMED-OMEDAN, DAN POTENSINYA SEBAGAI SUMBER BELAJAR SOSIOLOGI DI SMA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2014091013 - COVER.pdf

Download (551kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2014091013 - ABSTRAK.pdf

Download (145kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
2014091013 - BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (238kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN PUSTAKA)
2014091013 - BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
2014091013 - BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
2014091013 - BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
2014091013 - BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2014091013 - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (248kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2014091013 - LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) terjadinya solidaritas sosial di Seka Teruna – Teruni dalam menjaga Tradisi Omed – Omedan Banjar Kaja, Desa Adat Sesetan, Denpasar Selatan (2) bentuk – bentuk Solidaritas Teruna – Teruni banjar Kaja, Desa Adat Sesetan, Denpasar Selatan dalam menjaga pelaksanaan Tradisi Omed – Omedan. dan (3) potensi Tradisi Omed – Omedan yang dapat dijadikan sumber belajar untuk pembelajaran Sosiologi di SMA. Metode penelitian yang digunakan yakni metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Dalam terjadinya Solidaritas Sosial di Seka Teruna – Teruni Banjar Kaja dalam menjaga Tradisi Omed – Omedan terdapat beberapa faktor yang mendukung diantaranya : faktor kekerabatan, faktor budaya, dan faktor agama. Adapun bentuk – bentuk Solidaritas Teruna – Teruni banjar Kaja dengan kerjasama yang tinggi untuk tetap menjaga dan melestarikan Tradisi Omed – Omedan, kemudian gotong royong dengan rutin melaksanakan sangkep. Aspek – aspek yang terdapat dalam tradisi Omed – Omedan yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar Sosisologi di SMA yaitu megacu pada Kurikulum Merdeka dengan capaian pembelajaran yaitu di fase F 11.1 terkait dengan Pembentukan Kelompok Sosial. Sehingga dapat di simpulkan bahwa dalam solidaritas sosial yang terdapat dalam STT Satya Dharma Kerti terkait menjaga tradisi Omed – Omedan memuat aspek – aspek yang berpotensi dijadikan sebagai sumber belajar sosiologi di SMA yang berkaitan dengan pembentukan kelompok sosial pada materi solidaritas sosial khususnya pada aspek kognitif, afektif dan psikomotor.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Tradisi Omed-Omedan, Solidaritas Sosial, Sosiologi, Sumber Belajar
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Sejarah Sosiologi dan Perpustakaan > Program Studi Pendidikan Sosiologi (S1)
Depositing User: Ni Luh Gede Mardewi Wedastri
Date Deposited: 01 Oct 2024 00:19
Last Modified: 01 Oct 2024 00:19
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22096

Actions (login required)

View Item View Item