Pembelajaran yang Repetitif Meningkatkan Keluhan Musculoskeletal dan Stres Akibat Belajar serta Menurunkan Motivasi Belajar Siswa di SMAN 10 Denpasar

Gunawan, I Made Heri (2024) Pembelajaran yang Repetitif Meningkatkan Keluhan Musculoskeletal dan Stres Akibat Belajar serta Menurunkan Motivasi Belajar Siswa di SMAN 10 Denpasar. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1713041010- COVER.pdf

Download (346kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1713041010-ABSTRAK.pdf

Download (120kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713041010-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (120kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713041010-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713041010-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (447kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713041010-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1713041010-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713041010-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (204kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1713041010-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran yang repetitif meningkatkan keluhan musculoskeletal dan stres akibat belajar serta menurunkan motivasi belajar. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experimental) dengan rancangan nonequivalent randomized pre dan post test control group design. Variabel terikat penelitian ini meliputi: (1) keluhan musculoskeletal didata menggunakan kuesioner Nordic Body Map, (2) stres akibat belajar didata dengan kuesioner stres akibat belajar, (3) motivasi belajar didata dengan menggunakan kuesioner motivasi belajar. Data dianalisis dengan uji t independent sampel dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pembelajaran yang repetitif meningkatkan keluhan musculoskeletal secara bermakna pada peserta didik sebesar 27,95 %, (2) pembelajaran yang repetitif meningkatkan stres akibat belajar secara bermakna sebesar 13,79%, (3) pembelajaran yang repetitif menurunkan motivasi belajar secara bermakna sebesar 3,36%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: keluhan musculoskeletal, motivasi belajar, pembelajaran yang repetitif, stres akibat belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QP Physiology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: I Made Heri Gunawan
Date Deposited: 23 Oct 2024 02:18
Last Modified: 23 Oct 2024 02:18
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22240

Actions (login required)

View Item View Item