Gunawan, I Made Heri (2024) Pembelajaran yang Repetitif Meningkatkan Keluhan Musculoskeletal dan Stres Akibat Belajar serta Menurunkan Motivasi Belajar Siswa di SMAN 10 Denpasar. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1713041010- COVER.pdf Download (346kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1713041010-ABSTRAK.pdf Download (120kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713041010-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (120kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713041010-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (158kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713041010-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (447kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713041010-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (263kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1713041010-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (102kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713041010-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (204kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1713041010-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran yang repetitif meningkatkan keluhan musculoskeletal dan stres akibat belajar serta menurunkan motivasi belajar. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experimental) dengan rancangan nonequivalent randomized pre dan post test control group design. Variabel terikat penelitian ini meliputi: (1) keluhan musculoskeletal didata menggunakan kuesioner Nordic Body Map, (2) stres akibat belajar didata dengan kuesioner stres akibat belajar, (3) motivasi belajar didata dengan menggunakan kuesioner motivasi belajar. Data dianalisis dengan uji t independent sampel dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pembelajaran yang repetitif meningkatkan keluhan musculoskeletal secara bermakna pada peserta didik sebesar 27,95 %, (2) pembelajaran yang repetitif meningkatkan stres akibat belajar secara bermakna sebesar 13,79%, (3) pembelajaran yang repetitif menurunkan motivasi belajar secara bermakna sebesar 3,36%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keluhan musculoskeletal, motivasi belajar, pembelajaran yang repetitif, stres akibat belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QP Physiology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1) |
Depositing User: | I Made Heri Gunawan |
Date Deposited: | 23 Oct 2024 02:18 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 02:18 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22240 |
Actions (login required)
View Item |