HUBUNGAN PRESENTASI DIRI DAN PERSEPSI DUKUNGAN SOSIAL PADA GURU-GURU PAUD INKLUSI DI KOTA DENPASAR

Cintyani, Dewa Ayu (2020) HUBUNGAN PRESENTASI DIRI DAN PERSEPSI DUKUNGAN SOSIAL PADA GURU-GURU PAUD INKLUSI DI KOTA DENPASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611061012-COVER.pdf

Download (582kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611061012-ABSTRAK.pdf

Download (41kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611061012-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (70kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611061012-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611061012-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (267kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611061012-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611061012-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB) | Request a copy
[img] Text (DAPTAR PUSTAKA)
1611061012-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (172kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611061012-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

HUBUNGAN PRESENTASI DIRI DAN PERSEPSI DUKUNGAN SOSIAL PADA GURU-GURU PAUD INKLUSI DI KOTA DENPASAR Oleh Dewa Ayu Cintyani, NIM 1611061012 Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara presentasi diri dan persepsi dukungan sosial pada guru-guru PAUD Inklusi di Kota Denpasar. Pendidik dituntut untuk mampu profesional dalam mengelola kelas. Sesuai tugas tersebut, adanya dukungan sosial dan kemampuan dalam presentasi diri dalam lingkungan sosial sangatlah penting. Penelitian ini adalah penelitian korelasional yangdilaksanakan di 13 PAUD yang merupakan lembaga pendidikan awal inklusif ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Kota Denpasar. Teknik purposive digunakan sebagai metode sampling. Ada 119 responden yang bersedia terlibat dalam penelitian, yang terdiri atas 13 kepala TK dan 106 guru kelas. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data penelitian dianalisis secara deskriptif dan dengan statistik inferensial yaitu teknik korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan rerata skor presentasi diri yaitu 84,96 dan rerata skor persepsi dukungan sosial yaitu 55,78. Analisis lebih lanjut menghasilkan nilai korelasi pada taraf signifikansi 5% dengan n=119 diperoleh nilai R sebesar 0,4714. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan presentasi diri dan persepsi dukungan sosial pada guru-guru PAUD Inklusi di Kota Denpasar. Kata Kunci: Presentasi Diri, Persepsi Dukungan Sosial, PAUD, Kompetensi Guru, Pendidikan Inklus

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Presentasi Diri, Persepsi Dukungan Sosial, PAUD, Kompetensi Guru, Pendidikan Inklus
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Dewa Ayu Cintyani
Date Deposited: 26 Jul 2020 11:16
Last Modified: 26 Jul 2020 11:16
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2231

Actions (login required)

View Item View Item