PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH DENGANSETTING KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN MATEMATIKA AWAL DAN KERJASAMAANAK USIA DINI PADA KELOMPOK B DI GUGUS II PAUD KECAMATAN SUKAWATI

Arminiati, Ni Wayan (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH DENGANSETTING KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN MATEMATIKA AWAL DAN KERJASAMAANAK USIA DINI PADA KELOMPOK B DI GUGUS II PAUD KECAMATAN SUKAWATI. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (2229171022-COVER)
2229171022-Cover.pdf

Download (479kB)
[img] Text (2229171022-ABSTRAK)
2229171022-Abstrak.pdf

Download (33kB)
[img] Text (2229171022-BAB 1 PENDAHULUAN)
2229171022-Bab 1 Pendahuluan.pdf

Download (185kB)
[img] Text (2229171022-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229171022-Bab 2 Kajian Teori.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB) | Request a copy
[img] Text (2229171022-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229171022-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (356kB) | Request a copy
[img] Text (2229171022-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229171022-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (351kB) | Request a copy
[img] Text (2229171022-BAB 5 PENUTUP)
2229171022-Bab 5 Penutup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB) | Request a copy
[img] Text (2229171022-DAFTAR PUSTAKA)
2229171022-Daftar Pustaka.pdf

Download (179kB)
[img] Text (2229171022-LAMPIRAN)
2229171022-Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh model pembelajaran Index Card Match dengan setting kooperatif tipe Think Pair Share terhadap kemampuan matematika awal pada anak usia dini. (2) model pembelajaran Index Card Match dengan setting kooperatif tipe Think Pair Share dapat meningkatkan kerjasama anak usia dini dalam konteks pembelajaran matematika. (3) perbedaan kemampuan matematika dan keterampilan kerjasama yang signifikan antara anak yang dibelajarkan menggunakan Model Pembelajaran Index Cardt Match dengan setting kooperatif tipe Think Pair Share dengan anak yang dibelajarkan menggunakan model konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan non-equivalent post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah 184 anak TK B Gugus II PAUD Sukawati. Kelas yang setara diambil 1 kelas untuk kelompok kontrol dengan total 24 anak dan 1 kelas untuk kelompok eksperimen dengan total anak sebanyak 22 anak. Data keterampilan kemampuan matematika awal dan kerjasama anak anak diambil dengan lembar cek list dengan dengan rating scale 1- 5. Data kuantitatif yang diperoleh dianalisis dengan uji independent sample t- test dan Manova. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat perbedaan kemampuan matematika anak yang mengikuti model pembelajaran Index Card Match dengan setting kooperatif tipe Think Pair Share dengan anak yang dibelajarkan menggunakan model konvensional di TK B Gugus II PAUD Sukawati dengan nilai signifikan yaitu 0.000; (2) terdapat perbedaan kerjasama anak yang mengikuti model pembelajaran Index Card Match dengan setting kooperatif tipe Think Pair Share dengan anak yang dibelajarkan menggunakan model konvensional di TK B Gugus II PAUD Sukawati dengan nilai sig. 0,000; (3) terdapat perbedaan kemampuan matematika dan kerjasama anak yang mengikuti model pembelajaran Index Card Match dengan setting kooperatif tipe Think Pair Share dengan anak yang dibelajarkan menggunakan model konvensional di TK B Gugus II PAUD Sukawati dengan nilai sig. 0,000.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Index Card Match, Think Pair Share, Kemampuan Matematika Awal, Kerjasama Anak
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini (S2)
Depositing User: Ni Wayan Arminiati
Date Deposited: 29 Oct 2024 05:31
Last Modified: 29 Oct 2024 05:31
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22319

Actions (login required)

View Item View Item