Arminiati, Ni Wayan (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH DENGANSETTING KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN MATEMATIKA AWAL DAN KERJASAMAANAK USIA DINI PADA KELOMPOK B DI GUGUS II PAUD KECAMATAN SUKAWATI. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (2229171022-COVER)
2229171022-Cover.pdf Download (479kB) |
|
Text (2229171022-ABSTRAK)
2229171022-Abstrak.pdf Download (33kB) |
|
Text (2229171022-BAB 1 PENDAHULUAN)
2229171022-Bab 1 Pendahuluan.pdf Download (185kB) |
|
Text (2229171022-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229171022-Bab 2 Kajian Teori.pdf Restricted to Repository staff only Download (241kB) | Request a copy |
|
Text (2229171022-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229171022-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf Restricted to Repository staff only Download (356kB) | Request a copy |
|
Text (2229171022-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229171022-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (351kB) | Request a copy |
|
Text (2229171022-BAB 5 PENUTUP)
2229171022-Bab 5 Penutup.pdf Restricted to Repository staff only Download (36kB) | Request a copy |
|
Text (2229171022-DAFTAR PUSTAKA)
2229171022-Daftar Pustaka.pdf Download (179kB) |
|
Text (2229171022-LAMPIRAN)
2229171022-Lampiran.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh model pembelajaran Index Card Match dengan setting kooperatif tipe Think Pair Share terhadap kemampuan matematika awal pada anak usia dini. (2) model pembelajaran Index Card Match dengan setting kooperatif tipe Think Pair Share dapat meningkatkan kerjasama anak usia dini dalam konteks pembelajaran matematika. (3) perbedaan kemampuan matematika dan keterampilan kerjasama yang signifikan antara anak yang dibelajarkan menggunakan Model Pembelajaran Index Cardt Match dengan setting kooperatif tipe Think Pair Share dengan anak yang dibelajarkan menggunakan model konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan non-equivalent post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah 184 anak TK B Gugus II PAUD Sukawati. Kelas yang setara diambil 1 kelas untuk kelompok kontrol dengan total 24 anak dan 1 kelas untuk kelompok eksperimen dengan total anak sebanyak 22 anak. Data keterampilan kemampuan matematika awal dan kerjasama anak anak diambil dengan lembar cek list dengan dengan rating scale 1- 5. Data kuantitatif yang diperoleh dianalisis dengan uji independent sample t- test dan Manova. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat perbedaan kemampuan matematika anak yang mengikuti model pembelajaran Index Card Match dengan setting kooperatif tipe Think Pair Share dengan anak yang dibelajarkan menggunakan model konvensional di TK B Gugus II PAUD Sukawati dengan nilai signifikan yaitu 0.000; (2) terdapat perbedaan kerjasama anak yang mengikuti model pembelajaran Index Card Match dengan setting kooperatif tipe Think Pair Share dengan anak yang dibelajarkan menggunakan model konvensional di TK B Gugus II PAUD Sukawati dengan nilai sig. 0,000; (3) terdapat perbedaan kemampuan matematika dan kerjasama anak yang mengikuti model pembelajaran Index Card Match dengan setting kooperatif tipe Think Pair Share dengan anak yang dibelajarkan menggunakan model konvensional di TK B Gugus II PAUD Sukawati dengan nilai sig. 0,000.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Index Card Match, Think Pair Share, Kemampuan Matematika Awal, Kerjasama Anak |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini (S2) |
Depositing User: | Ni Wayan Arminiati |
Date Deposited: | 29 Oct 2024 05:31 |
Last Modified: | 29 Oct 2024 05:31 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22319 |
Actions (login required)
View Item |