PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN E-LKPD TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 3 SINGARAJA

Br Kemit, Geri Chrani (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN E-LKPD TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 3 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2013011049-COVER.pdf

Download (638kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2013011049-ABSTRAK.pdf

Download (72kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013011049-BAB 1 PEDAHULUAN.pdf

Download (222kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2013011049-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (364kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2013011049-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013011049-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2013011049-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013011049-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (220kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2013011049-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan E-LKPD terhadap hasil belajar matematika peserta didik di SMP kelas VII. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen atau eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Singaraja yang terdistribusi dalam 10 kelas yakni VIIA sampai VIIJ sebanyak 334 siswa. Adapun, teknik sampel yang digunakan adalah cluster sampling random. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji T (Independent Sample T Test) yang menunjukkan bahwa nilai signifikansi post test dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol adalah 0,000. Nilai signifikansi yang diperoleh lebih kecil dari taraf signifikansi (0,05) maka H0 ditolak dan H1 diterima sehingga dapat diketahui bahwa pemberian treatment berupa penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan E-LKPD mampu meningkatkan hasil belajar matematika secara signifikan dibandingkan menggunakan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran PBL, E-LKPD, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: GERI CHRANI BR KEMIT
Date Deposited: 14 Jan 2025 03:12
Last Modified: 14 Jan 2025 03:12
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22705

Actions (login required)

View Item View Item