Tarisna, Kadek Sri (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN EDUCANDY PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI SUKU KATA DAN KATA UNTUK MENINGKATKAN LITERASI BACA DAN TULIS SISWA KELAS I SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
1911031269-COVER.pdf Download (562kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
1911031269-ABSTRAK.pdf Download (53kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031269-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (155kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031269-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (276kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031269-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (264kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PENELITIAN)
1911031269-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (339kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031269-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (72kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031269-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (201kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
1911031269-LAMPIRAN.pdf Download (11MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran educandy untuk meningkatkan literasi baca dan tulis siswa kelas I SD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE yang terdiri dari tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan, tahap implementasi, dan tahap evaluasi. Subjek dari penelitian ini diantaranya ahli materi pembelajaran, ahli media, praktisi, dan siswa. Sedangkan objek dalam penelitian ini yaitu rancang bagun, validitas, kepraktisan dan efektivitas produk yang dikembangkan beruapa media pembelajaran educandy. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini berupa rating scale metode kuesioner yang diberikan kepada subjek uji coba. Data yang diperoleh dilakukan uji validitas, uji kepraktisan, dan uji efektivitas yang dihitung dan diolah menggunakan rumus deskriptif persentase. Hasil analisis yang diperoleh: (1) persentase skor dari ahli materi sebesar 91% dengan kualifikasi sangat valid.(2) persentase skor ahli media sebesar 96% dengan kualifikasi sangat valid. Sedangkan uji kepraktisan oleh praktisi memperoleh persentase skor sebesar 93,2% dengan kualifikasi sangat baik, uji perorangan memperoleh persentase skor sebesar 94% dengan kualifikasi sangat baik, uji kelompok kecil memperoleh persentase skor sebesar 95% dengan kualifikasi sangat baik. (3) hasil uji efektivitas dengan teknik uji-t berkolerasi diperoleh signifikasi (Sig. 2-tailed) < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan analisis tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran educandy untuk meningkatkan literasi baca dan tulis siswa kelas I valid dan praktis untuk digunakan sebagai media pembelajaran untuk menigkatkan literasi baca dan tulis siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Educandy, Literasi Baca dan Tulis |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Kadek Sri Tarisna |
Date Deposited: | 31 Jan 2025 01:08 |
Last Modified: | 31 Jan 2025 01:08 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/22915 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |