Lantari, Putu Wanda Parahita Widhi (2025) PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT DALAM SETTING KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA SMA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 MENGWI. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2011011029_COVER.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2011011029_ABSTRAK.pdf Download (996kB) |
![]() |
Text (BAB I PENDAHULUAN)
2011011029_BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
2011011029_BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
2011011029_BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011011029_BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V PENUTUP)
2011011029_BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (763kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011011029_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2011011029_LAMPIRAN.pdf Download (22MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research & development). Produk yang dikembangkan adalah Buku Panduan Konseling Behavioral dengan Teknik Self Management dalam Setting Kelompok untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa SMA. Buku panduan ini dirancang untuk dapat dijadikan acuan oleh guru BK dalam melaksanakan layanan konseling di sekolah untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa. Prosedur pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D yang dikemukakan oleh Thiagarajan sebagai berikut : Tahap Pendefinisian (Define), Tahap Perancangan (Design), Tahap Pengembangan (Develop), Tahap Penyebaran (Disseminate). Penelitian ini melibatkan subjek 5 orang ahli dalam bimbingan konseling, diantaranya 2 orang Dosen Bimbingan Konseling FIP Undiksha dan 3 orang Guru Bimbingan Konseling SMA Negeri 1 Mengwi. Dari 25 butir instrumen yang digunakan dalam penilaian oleh pakar/ahli, semua butir buku panduan konseling memiliki validitas yang baik. Berdasarkan penilaian tersebut, didapatkan indeks validitas isi (CVI) buku panduan dengan perolehan skor 0,952 berkategori sangat sesuai. Penilaian indeks validitas isi (Content Validity Indeks) terhadap buku panduan konseling sangat penting untuk mengetahui layak untuk digunakan. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa Terdapat Efektivitas Buku Panduan Konseling Kelompok Pendekatan Behavioral dengan Teknik Self Management untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa dengan t hitung 15,312 dengan taraf signifikansi 0,05 dengan jumlah sampel siswa yang digunakan sebanyak 60 orang siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Buku Panduan Konseling, Teori Konseling Pendekatan Behavioral Teknik Self Managemet, Kedisiplinan Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Bimbingan Konseling (S1) |
Depositing User: | PUTU WANDA PARAHITA WIDHI LANTARI |
Date Deposited: | 06 Feb 2025 03:41 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 03:41 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23045 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |