Pengembangan Buku Ajar Bahasa Indonesia Berorientasi Integrasi Sosial dan Keterampilan Abad Ke-21 di Perguruan Tinggi

Susrawan, I Nyoman Adi (2025) Pengembangan Buku Ajar Bahasa Indonesia Berorientasi Integrasi Sosial dan Keterampilan Abad Ke-21 di Perguruan Tinggi. Doctoral thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2239021004-COVER.pdf

Download (528kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2239021004-ABSTRAK.pdf

Download (112kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2239021004-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (167kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2239021004-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (358kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2239021004-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (595kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2239021004-BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2239021004-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2239021004-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (272kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2239021004-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan buku ajar bahasa Indonesia berorientasi integrasi sosial dan keterampilan abad ke-21 di Perguruan Tinggi. Fokus utama yang dikaji dalam penelitian ini adalah proses rancang bangun, kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan buku ajar. Penelitian didesain menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Penelitian dilakukan di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mahasaraswati Denpasar. Data dikumpulkan melalui teknik wawancara, focus group discussion, angket, dan tes evaluasi diri kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis deskripsi kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan, (1) buku ajar ini memiliki rancang bangun yang kuat dan terstruktur, serta telah memenuhi standar kelayakan buku ajar yang ditetapkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), (2) buku ajar ini dinilai memiliki tingkat kevalidan yang tinggi berdasarkan penilaian para ahli (ahli materi, bahasa, dan desain), (3) buku ajar sangat praktis digunakan oleh pengguna (dosen dan mahasiswa), dan (4) buku ajar ini dinilai sangat efektif memberikan pemahaman dan pengalaman belajar dalam mempromosikan integrasi sosial dan keterampilan abad ke-21 secara terintegrasi melalui berbagai aktivitas kolaboratif, diskusi kelompok, dan proyek berbasis masalah. Temuan ini menyarankan perlunya pengembangan terus-menerus pada buku ajar yang sesuai dan efektif untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa dan perkembangan pendidikan.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan buku ajar, integrasi sosial, dan keterampilan abad ke-21
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LT Textbooks
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa (S3)
Depositing User: I Nyoman Adi Susrawan
Date Deposited: 07 Feb 2025 08:38
Last Modified: 07 Feb 2025 08:38
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23075

Actions (login required)

View Item View Item