PENGARUH PEMAHAMAN PENDEKATAN DESIGN FOR CHANGE DAN KONSEP EVALUASI TERHADAP KEMANDIRIAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN EVALUASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH INKLUSI SMK PUSAT KEUNGGULAN DI BALI

Parka, I Made (2025) PENGARUH PEMAHAMAN PENDEKATAN DESIGN FOR CHANGE DAN KONSEP EVALUASI TERHADAP KEMANDIRIAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN EVALUASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH INKLUSI SMK PUSAT KEUNGGULAN DI BALI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2113011036-COVER.pdf

Download (712kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2113011036-ABSTRAK.pdf

Download (238kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113011036-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (267kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113011036-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (825kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113011036-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (502kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113011036-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (484kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2113011036-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113011036-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (245kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2113011036-LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Tuntutan dunia industri yang semakin berkembang menuntut kemandirian guru dalam merancang model evaluasi matematika yang inklusif guna mengakomodasi siswa berkebutuhan khusus di sekolah jenjang vokasi. Untuk menghasilkan evaluasi yang belum banyak dikembangkan ini membutuhkan pendekatan Design for Change yang mampu mengajak siswa berpartisipasi aktif melalui proses Feel, Imagine, Do, dan Share. Urgensi dari penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh integrasi Design for Change dan konsep evaluasi terhadap kemandirian guru dalam merancang evaluasi matematika sekolah inklusi berbasis vokasi. Penelitian kuantitatif dengan desain ex-post facto ini melibatkan 114 guru matematika di 28 sekolah inklusi SMK Pusat Keunggulan di Bali. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner, wawancara semi-terstruktur, serta observasi langsung. Berdasarkan data kuantitatif yang diuji dengan metode analisis regresi linier berganda, didapatkan nilai F sebesar 132,637 dengan tingkat kontribusi variabel 70,7% (kuat), sehingga pemahaman Design for Change dan konsep evaluasi secara bersama-sama memiliki pengaruh positif terhadap kemandirian guru dalam mengembangkan evaluasi pembelajaran. Hasil dari data kualitatif juga menunjukkan bahwa pendekatan Design for Change mampu memberikan kemandirian dan wawasan yang lebih bagi guru dalam merancang proses evaluasi inklusif melalui model-model yang disesuaikan dengan siswa berkebutuhan khusus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Design for Change, Konsep Evaluasi Pembelajaran, Sekolah Inklusi, Kemandirian Guru
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: I Made Parka
Date Deposited: 10 Feb 2025 08:05
Last Modified: 10 Feb 2025 08:05
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23114

Actions (login required)

View Item View Item