KONTRIBUSI DISPOSISI MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA

Valery, Putu Paramitha Manik (2025) KONTRIBUSI DISPOSISI MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2013011065-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2013011065-ABSTRAK.pdf

Download (203kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2013011065-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (327kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2013011065-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2013011065-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2013011065-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (579kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2013011065-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2013011065-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (207kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2013011065-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hubungan antara disposisi matematis, motivasi belajar, dan kemampuan pemecahan masalah matematis di kalangan siswa. Dengan menggunakan desain penelitian ex-post facto, penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana dan berganda untuk menguji kekuatan prediksi disposisi matematis dan motivasi belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Populasi penelitian ini terdiri dari 328 siswa kelas delapan dari SMP Kristen Harapan 1 Denpasar, yang tersebar di sembilan kelas, selama tahun ajaran 2024/2025. Sub-sampel dari enam kelas dipilih melalui pengambilan sampel acak kelompok. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan kuesioner untuk menilai disposisi matematis dan motivasi belajar, serta tes esai untuk mengevaluasi kemampuan pemecahan masalah. Setelah memenuhi semua uji prasyarat, analisis regresi sederhana dan berganda dilakukan untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan adanya korelasi positif yang signifikan antara disposisi matematis dan kemampuan pemecahan masalah, dengan kontribusi yang cukup besar yaitu sebesar 34,4% terhadap varians. Selain itu, motivasi belajar juga ditemukan memiliki dampak yang signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah, menyumbang 31,4% dari varians. Khususnya, efek gabungan dari disposisi matematis dan motivasi belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah adalah signifikan, menjelaskan 46,4% dari varians. Sebagai kesimpulan, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa disposisi matematis dan motivasi belajar merupakan prediktor utama kemampuan pemecahan masalah matematis di antara siswa kelas delapan di SMP K 1 Harapan Denpasar selama semester pertama tahun ajaran 2024/2025, menggarisbawahi pentingnya menumbuhkan disposisi matematis yang positif dan mendorong motivasi belajar untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: disposisi matematis, motivasi belajar, pemecahan masalah
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: PUTU PARAMITHA MANIK VALERY
Date Deposited: 10 Feb 2025 05:50
Last Modified: 10 Feb 2025 05:50
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23137

Actions (login required)

View Item View Item