TINGKAT MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SMP NEGERI 2 SAWAN

Dian, Kadek (2025) TINGKAT MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SMP NEGERI 2 SAWAN. Undergraduate thesis, universitas pendidikan ganesha.

[img] Text (COVER)
2016011092-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2016011092-ABSTRAK.pdf

Download (240kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2016011092-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (384kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2016011092-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (608kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2016011092-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (566kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2016011092-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (615kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2016011092-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (341kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2016011092-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (356kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2016011092-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat motivasi peserta didik kelas VIII dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan di SMP Negeri 2 Sawan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan menggunakan kuesioner/angket sebagai alat pengumpulan data. Penelitian ini melibatkan 90 peserta didik sebagai sampel penelitian dari total populasi peserta didik kelas VIII sebanyak 301 peserta didik. Hasil penelitian tingkat motivasi peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Sawan menunjukkan bahwa 39% (35 peserta didik) memiliki motivasi dengan kategori “Sangat Tinggi”, 60% (54 peserta didik) memiliki motivasi dengan kategori “Tinggi”, 1% (1 peserta didik) memiliki motivasi dengan kategori “Cukup”, dan tidak ada peserta didik yang memiliki motivasi pada kategori “Kurang”, dengan persentase rata-rata dari faktor Intrinsik sebesar 78,77% dan persentase rata-rata dari faktor Ekstrinsik sebesar 77,50%. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa tingginya motivasi yang dimiliki oleh peserta didik sangat dipengaruhi oleh faktor Intrinsik dan Ekstrinsik, namun faktor yang paling berperan adalah motivasi Intrinsik yang mengartikan peserta didik mengikuti pembelajaran PJOK berdasarkan keinginan yang muncul dari dalam diri masing-masing individu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, pembelajaran PJOK, Peserta didik.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1)
Depositing User: Kadek Dian Yuana Putri
Date Deposited: 10 Feb 2025 06:45
Last Modified: 10 Feb 2025 06:45
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23143

Actions (login required)

View Item View Item