Adi, Luh Putu Mutiara Rushita (2025) EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM SUPERVISI AKADEMIK DI SD GUGUS III KECAMATAN MARGA KABUPATEN TABANAN. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2329031005-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2329031005-ABSTRAK.pdf Download (42kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329031005-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (115kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329031005-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (396kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329031005-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (268kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329031005-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (249kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2329031005-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (37kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329031005-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (113kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2329031005-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK Adi, Luh Putu Mutiara Rushita (2025), Evaluasi Pelaksanaan Program Supervisi Akademik di SD Gugus III Kecamatan Marga Kabupaten Tabanan. Tesis Admnistrasi Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha Kata kunci: program, supervisi akademik, evaluasi CIPP Penelitian ini bertujuan mengevaluasi program supervisi akademik di SD Gugus III Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, metode penelitian evaluatif dengan desain penelitian menggunakan model CIPP (Context, Input, Process, Product). Subjek dari penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru. Pengumpulan data pada penelitian ini adalah melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi yang dianalisis dengan teknik analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program supervisi akademik ini memiliki sudah berjalan efektif berdasarkan kriteria efektivitas/keberhasilan program supervisi akademik. 1) Dalam komponen contexs, program supervisi akademik sudah memiliki visi, misi, tujuan, dan landasan hukum yang jelas dan terstruktur. 2) Dalam komponen input, program supervisi akademik sudah memilikidokumen rencana program dan mekanisme pelaksanaan program yang jelas. 3) Dalam komponen process hasil penelitian menunjukan bahwa program supervisi akademik sudah memiliki jadwal pelaksanaan program, adanya umpan balik konstruktif dan rencana tindak lanjut pelaksanaan program yang jelas. 4) Dalam komponen product, penelitian menunjukkan bahwa hasil program supervisi akademik memiliki dokumen hasil, predikat kinerja serta refleksi perilaku guru yang jelas. 5) Dalam komponen CIPP menunjukkan bahwa Program supervisi akademik dirancang sesuai dengan kebutuhan pengajaran dan perkembangan profesional guru, dengan dukungan sumber daya yang memadai. 6) kendala-kendala menunjukkan perlunya perhatian lebih pada aspek komunikasi, alokasi sumber daya, dan dukungan berkelanjutan bagi guru 7) Solusi pelaksanaan program supervisi akademik dibutuhkan perencanaan yang matang, peningkatan sarana-prasarana dan komunikasi efektif antara kedua pihak diprioritaskan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Program, Supervisi akademik, Evaluasi CIPP |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Administrasi Pendidikan (S2) |
Depositing User: | Luh Putu Mutiara Rushita Adi |
Date Deposited: | 10 Feb 2025 09:38 |
Last Modified: | 10 Feb 2025 09:38 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23147 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |