Febiyanti, Deswinta (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS IV SD DI GUGUS VI KECAMATAN SAWAN KABUPATEN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031301-COVER.pdf.pdf Download (796kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031301-ABSTRAK.pdf.pdf Download (363kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031301-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf.pdf Download (550kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031301-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (299kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031301-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (464kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031301-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (479kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031301-BAB 5 PENUTUP.pdf.pdf Download (242kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031301-DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf Download (258kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031301-LAMPIRAN.pdf.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan mind mapping terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV SD di Gugus VI Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan menggunakan rancangan nonequivalent post-test only control group design. Populasi pada penelitian ini adalah kelas IV SD di Gugus VI Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng dengan jumlah 176 siswa. Sampel penelitian ini yaitu kelas IV A SDN 1 Sangsit sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah 40 siswa dan kelas IV SDN 8 Sangsit sebagai kelompok kontrol dengan jumlah 36 siswa. Data keterampilan berbicara dikumpulkan menggunakan metode non tes dengan teknik unjuk kerja atau performance. Data keterampilan berbicara dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan mind mapping terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV SD di Gugus VI Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2019/2020 (thitung= 2,971 > ttabel = 1,6657). Berdasarkan hasil temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan mind mapping berpengaruh terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV. Model ini dapat dijadikan alternatif untuk merancang kegiatan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan untuk siswa, khususnya dalam materi keterampilan berbicara.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | jigsaw, mind mapping, keterampilan berbicara |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Deswinta Febiyanti |
Date Deposited: | 27 Jul 2020 10:11 |
Last Modified: | 27 Jul 2020 10:11 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2321 |
Actions (login required)
View Item |