Yuda, I Kadek Panji Kusuma (2025) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PJOK MATERI PERMAINAN SEPAK BOLA PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 1 SEMARAPURA TENGAH. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2016011090_COVER.pdf Download (639kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2016011090_ABSTRAK.pdf Download (29kB) |
![]() |
Text (BAB I PENDAHULUAN)
2016011090_BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (336kB) |
![]() |
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
2016011090_BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III METODE PENELITIAN)
2016011090_BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (541kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
2016011090_BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (679kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V PENUTUP)
2016011090_BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (49kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2016011090_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (327kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2016011090_LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PJOK dengan implementasi metode pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division pada materi permainan sepak bola peserta didik kelas V SD Negeri 1 Semarapura Tengah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri 1 Semarapura Tengah. Data diambil dengan cara observasi pengumpulan data melalui proses pembelajaran secara langsung dan refleksi pada aspek kognitif dan aspek psikomotor. Data analisis menggunakan analisis Statistik Deskriptif. Berdasarkan analisis data didapatkan bahwa hasil belajar pada siklus I dengan jumlah ketuntasan 7 orang sebesar 21,2%, sedangkan pada siklus II dengan jumlah ketuntasan 27 orang sebesar 81,8%. Berdasarkan hasil tersebut mengalami peningkatan hasil belajar sebesar 60,6% dari siklus I ke siklus II sesuai dengan rapot kurikulum merdeka. Jadi dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division dapat disarankan kepada guru PJOK di SD Negeri 1 Semarapura Tengah untuk meningkatkan hasil belajar PJOK materi permainan sepakbola pada peserta didik kelas V melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Kata Kunci : Kooperatif Tipe STAD, Hasil Belajar, Sepak bola.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kooperatif Tipe STAD, Hasil Belajar, Sepak bola. |
Subjects: | C Auxiliary Sciences of History > C Auxiliary sciences of history (General) D History General and Old World > D History (General) |
Divisions: | Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1) |
Depositing User: | I KADEK PANJI KUSUMA YUDA |
Date Deposited: | 13 Feb 2025 05:11 |
Last Modified: | 13 Feb 2025 05:11 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23233 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |