PENGEMBANGAN E-BOOK CERITA RAKYAT BALI UNTUK MENINGKATKAN LITERASI BACA DAN KETERAMPILAN BERBICARA

Dewi, Komang Ayu Tantri Sastra (2025) PENGEMBANGAN E-BOOK CERITA RAKYAT BALI UNTUK MENINGKATKAN LITERASI BACA DAN KETERAMPILAN BERBICARA. Masters thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

This is the latest version of this item.

[img] Text (COVER)
2329041006-COVER.pdf

Download (793kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2329041006-ABSTRAK.pdf

Download (241kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329041006-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (390kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329041006-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (529kB)
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329041006-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (706kB)
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329041006-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2329041006-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (242kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329041006-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (501kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2329041006-LAMPIRAN.pdf

Download (12MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan suatu media pembelajaran berupa E-book Cerita Rakyat Bali yang inovatif untuk meningkatkan literasi baca dan keterampilan berbicara siswa sekolah dasar. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Saraswati 4 Denpasar. Data validitas didapatkan melalui uji dengan para ahli materi literasi baca dan keterampilan berbicara, ahli bahasa, dan ahli media pembelajaran dikumpulkan dengan instrumen kuesioner. Data kepraktisan didapatkan melalui uji coba terbatas sebanyak 3 orang siswa, kelompok kecil sebanyak 6 orang siswa, kepraktisan dengan 10 orang siswa, dan 2 orang praktisi menggunakan instrumen kuesioner. Data uji efektivitas didapatkan melalui eksperimen semu dengan desain Non-equivalent control group design yang dilakukan pada kelompok eksperimen sebanyak 32 orang siswa dan kelompok kontrol 30 orang siswa kelas V sekolah dasar menggunakan instrumen tes uraian untuk literasi baca dan tes unjuk kerja untuk keterampilan berbicara. Analisis data yang digunakan adalah analisis varian multivariate satu jalur (Manova). Berdasarkan data yang dikumpulkan, maka hasil penelitian menunjukkan bahwa media E-book cerita rakyat Bali untuk siswa kelas V sekolah dasar dinyatakan (1) Memiliki karakteristik yang dapat mengacu pada indikator literasi baca dan keterampilan berbicara; (2) Sangat valid dari aspek materi, bahasa, dan media pembelajaran; (3) Sangat praktis yang dikaji dari pandangan siswa dan praktisi; (4) Efektif untuk meningkatkan literasi baca dan keterampilan berbicara siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Cerita Rakyat Bali, E-book, Keterampilan Berbicara, Literasi Baca, Media Pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Komang Ayu Tantri Sastra Dewi
Date Deposited: 13 Feb 2025 01:16
Last Modified: 13 Feb 2025 01:16
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23236

Available Versions of this Item

  • PENGEMBANGAN E-BOOK CERITA RAKYAT BALI UNTUK MENINGKATKAN LITERASI BACA DAN KETERAMPILAN BERBICARA. (deposited 13 Feb 2025 01:16) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item