Fransiska, Kadek Ayu Widia (2025) PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK SATUA BALI BERBANTUAN AUGMENTED REALITY (AR) UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS DAN LITERASI BUDAYA. Masters thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2329041019-COVER.pdf Download (790kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2329041019-ABSTRAK.pdf Download (247kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329041019-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (343kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329041019-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (899kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329041019-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329041019-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2329041019-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (247kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329041019-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (502kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2329041019-LAMPIRAN.pdf Download (18MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan suatu media pembelajaran Pop Up Book Satua Bali berbantuan Augmented Reality (AR) untuk meningkatkan literasi sains dan literasi budaya. Dalam penelitian ini, metode penelitian yang digunakan adalah ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek dari penelitian ini siswa kelas V sekolah dasar. Hasil pengembangan media ini memuat validitas, kepraktisan, dan efektivitas dari penggunaannya yang didapatkan dari instrumen kuesioner, dan tes pilihan ganda yang sudah valid dan reliabel. Data validitas didapatkan melalui uji dengan para ahli materi literasi sains, literasi budaya, ahli bahasa, dan media pembelajaran. Data kepraktisan didapatkan melalui uji coba perorangan sebanyak 3 siswa, kelompok kecil sebanyak 9 siswa, kepraktisan dengan 10 siswa, dan 2 praktisi. Data untuk uji efektivitas didapatkan melalui eksperimen semu dengan desain Pretest Posttes Non-equivalent control group design yang dilakukan pada kelompok eksperimen sebanyak 32 siswa dan kelompok kontrol 30 siswa kelas V. Analisis yang digunakan untuk mengetahui efektivitas produk yang dikembangkan adalah analisis varian multivariate satu jalur memperoleh hasil 0,000, hal ini menunjukkan bahwa nilai sig < 0,05. Dapat disimpulkan bahwa media ini untuk siswa kelas V sekolah dasar dinyatakan (1) valid yang dikaji dari aspek materi, bahasa, dan media pembelajaran; (2) praktis yang dikaji dari pandangan siswa dan praktisi; (3) efektif untuk meningkatkan literasi sains dan literasi budaya. Berdasarkan hal tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa media Pop Up Book Satua Bali berbantuan Augmented Reality (AR) untuk meningkatkan literasi sains dan literasi budaya untuk siswa sekolah dasar memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif sehingga layak untuk digunakan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata-kata kunci: Satua Bali, Media Pembelajaran, Literasi Sains, Literasi Budaya |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Kadek Ayu Widia Fransiska |
Date Deposited: | 13 Feb 2025 01:37 |
Last Modified: | 13 Feb 2025 01:37 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23238 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |