IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) PADA TEMA GAYA HIDUP BERKELANJUTAN DALAM MENINGKATKAN KARAKTER GOTONG ROYONG SISWA PADA FASE F SMAN 1 SINGARAJA

Darmawan, Putu Gena Ananta (2025) IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) PADA TEMA GAYA HIDUP BERKELANJUTAN DALAM MENINGKATKAN KARAKTER GOTONG ROYONG SISWA PADA FASE F SMAN 1 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2114041007-COVER.pdf

Download (438kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2114041007-ABSTRAK.pdf

Download (30kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2114041007-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (87kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2114041007-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (337kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2114041007-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2114041007-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2114041007-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2114041007-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (184kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2114041007-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini menganalisis implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema "Gaya Hidup Berkelanjutan" dalam meningkatkan karakter gotong royong siswa fase F di SMAN 1 Singaraja. Pendekatan kualitatif deskriptif digunakan dengan subjek penelitian meliputi wakil kepala sekolah bidang kurikulum, koordinator, fasilitator, dan siswa kelas XI. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi P5 dilakukan melalui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang melibatkan pembentukan kelompok serta pembelajaran berbasis proyek. Faktor pendukung termasuk sumber daya manusia berkualitas dan dukungan stakeholders, sementara hambatan meliputi keterbatasan waktu dan kendala teknis. Implementasi P5 berhasil meningkatkan karakter gotong royong siswa, tercermin dari peningkatan kemampuan kolaborasi, kepedulian lingkungan, dan partisipasi dalam kegiatan sosial. Rekomendasi diberikan untuk penguatan evaluasi berkelanjutan dan optimalisasi pelatihan guru guna mendukung keberlanjutan program.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Profil Pelajar Pancasila, Gaya Hidup Berkelanjutan, Gotong Royong, Kurikulum Merdeka.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan > Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan (S1)
Depositing User: Putu Gena Ananta Darmawan
Date Deposited: 13 Feb 2025 10:54
Last Modified: 13 Feb 2025 10:54
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23269

Actions (login required)

View Item View Item