PENGEMBANGAN HYPERMEDIA EKOSISTEM BERMUATAN EKOLITERASI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK KELAS V SD

Rahayu, Ni Komang Suri (2025) PENGEMBANGAN HYPERMEDIA EKOSISTEM BERMUATAN EKOLITERASI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK KELAS V SD. Masters thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2329041024-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2329041024-ABSTRAK.pdf

Download (222kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329041024-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (298kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329041024-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (741kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329041024-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329041024-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2329041024-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329041024-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (290kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2329041024-LAMPIRAN.pdf

Download (9MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan hypermedia ekosistem bermuatan ekoliterasi untuk meningkatkan prestasi belajar IPAS peserta didik kelas V SD yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE melalui tahap analisis, perencanaan, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Uji validitas materi dan media menggunakan instrumen Learning Object Review Instrument (LORI). Uji kepraktisan dilakukan menggunakan instrumen User Experience Questionnare (UEQ). Pengujian efektivitas dilakukan melalui pre-eksperimental dengan desain one group pre-test post-test. Data prestasi belajar IPAS dikumpulkan dengan tes dan dianalisis dengan uji-t satu ekor (one tailed t-test). Penelitian ini sudah menghasilkan hypermedia yang dapat diakses pada link. Hypermedia memuat materi yang beragam berupa video pembelajaran, games, dan soal evaluasi. Hasil pengujian validitas hypermedia menunjukkan validitas materi dan validitas media memperoleh skor sebesar 4,6 dan 4,5 dengan kategori sangat valid. Hasil uji kepraktisan pada aspek daya tarik, kejelasan, efesiensi, stimulasi, ketepatan dan kebaruan memperoleh nilai rata-rata 2,5 dengan kategori unggul, sehingga hypermedia dapat dinyatakan praktis. Hasil uji hipotesis menggunakan uji-t satu ekor untuk uji efektivitas mendapatkan hasil thitung 51,757 lebih besar dari ttabel 2,068, artinya implementasi hypermedia efektif meningkatan prestasi belajar IPAS peserta didik kelas V SD. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa hypermedia ekosistem bermuatan ekoliterasi yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada materi ekosistem yang harmonis, sehingga layak digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata-kata kunci: Hypermedia, Ekoliterasi, IPAS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Ni Komang Suri Rahayu, S. Pd.
Date Deposited: 14 Feb 2025 07:12
Last Modified: 14 Feb 2025 07:12
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23306

Actions (login required)

View Item View Item