PENGEMBANGAN MEDIA FLIPBOOK BERORIENTASI KEARIFAN LOKAL BALI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SD

Lestari, Desak Ketut Trisna (2025) PENGEMBANGAN MEDIA FLIPBOOK BERORIENTASI KEARIFAN LOKAL BALI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SD. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2329041057-COVER.pdf

Download (354kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2329041057-ABSTRAK.pdf

Download (189kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329041057-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (252kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329041057-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (506kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329041057-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (508kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329041057-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2329041057-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329041057-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (234kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2329041057-LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media flipbook berorientasi kearifan lokal Bali untuk siswa kelas V SD yang valid, praktis, efektif dan simultan dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman dan berpikir kritis siswa kelas V SD. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dan tes pilihan ganda. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif kualitatif dan analisis inferensial dengan uji-t berpasangan dan Manova. Uji validitas produk dianalisis menggunakan rumus Lawshe, uji kepraktisan produk dianalisis dengan menggunakan Skala Guttman, uji efektivitas dianalisis menggunakan uji-t berpasangan dan uji simultan dianalisis menggunakan uji Manova. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media flipbook berorientasi kearifan lokal Bali ini valid, praktis, efektif dan simultan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman dan berpikir kritis siswa kelas V SD. Berdasarkan penilaian ahli media, materi, dan bahasa diperoleh indeks validitas isi (CVI) sebesar 0, 98 dan memperoleh kategori validitas istimewa. Berdasarkan penilaian guru, media yang dikembangkan memperoleh kategori sangat praktis dengan persentase sebesar 92,14%. Berdasarkan penilaian oleh siswa baik dalam uji kelompok kecil dan uji perorangan, media pembelajaran memperoleh kategori sangat praktis dengan persentase 89,69% dan 90,91%. Berdasarkan uji hasil uji coba pada siswa, produk dinyatakan efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman dengan perolehan nilai sig. (2-tailed) < 0,05 yakni, 0,000 < 0,05 dengan effect size sebesar 1,654 yang tergolong tinggi. Produk juga efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dengan perolehan nilai sig. (2-tailed) < 0,05 yakni, 0,000 < 0,05 dengan effect size sebesar 1,445. Selain itu berdasarkan hasil uji simultan memperoleh nilai Sig. F 0,000 < 0,05 sehingga produk dapat secara bersamaan dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman dan berpikir kritis siswa kelas V SD.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: ipbook, Kearifan Lokal, Membaca Pemahaman, Berpikir Kritis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Desak Ketut Trisna Lestari
Date Deposited: 14 Feb 2025 06:59
Last Modified: 14 Feb 2025 06:59
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23307

Actions (login required)

View Item View Item