Dewi, Ni Luh Putu Santika (2025) Pengembangan Media Question Card Materi Suku Dan Budaya Bangsa Dalam Meningkatkan Kemampuan Bernalar Kritis Siswa SD No. 3 Mambal. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2329041028-COVER.pdf Download (409kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2329041028-ABSTRAK.pdf Download (74kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329041028-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (169kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329041028-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (181kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329041028-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (274kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329041028-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (353kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2329041028-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (30kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329041028-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (95kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2329041028-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui rancang bangun, kevalidan, kepraktisan, dan keefektivitasan media Question Card materi suku dan budaya bangsa dalam meningkatkan kemampuan bernalar kritis siswa SD No. 3 Mambal. Variabel yang dikaji meliputi: (1) validitas media berdasarkan aspek isi dan desain, (2) kepraktisan media dalam penggunaannya di kelas, dan (3) efektivitas media terhadap peningkatan kemampuan bernalar siswa. Jenis penelitian ini Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek dalam penelitian ini merupakan siswa yang berjumlah 30 orang siswa. Data dikumpulkan melalui kuesioner validasi ahli, angket uji kepraktisan, serta pre- test dan post-test untuk uji keefektifan media. Hasil studi ini menunjukkan bahwa: (1) Rancang bangun media Question Card dirancang sistematis untuk meningkatkan kemampuan bernalar kritis siswa, (2) Validasi isi media yang memperoleh skor rata-rata 4,9 yang menunjukkan bahwa materi relevan dengan tujuan pembelajaran, validasi media dengan skor 4,77 yang menunjukkan bahwa media tersebut dapat digunakan dengan efektif dalam proses pembelajaran, validasi desain yang mencapai nilai tinggi, menunjukkan bahwa desain media menarik dan sesuai dengan standar pembelajaran, validasi bahasa yang dinyatakan baik, memudahkan siswa dalam memahami materi yang disajikan, (3) Kepraktisan media dari guru dan siswa mendapatkan skor kepraktisan mencapai 93,6% yang menunjukkan bahwa media ini mudah digunakan dalam pembelajaran, (4) Penggunaan media Question Card secara efektif meningkatkan kemampuan bernalar kritis siswa, dengan peningkatan dalam kategori sedang. Berdasarkan temuan penelitian, dapat disimpulkan bahwa media Question Card pada materi suku dan budaya bangsa efektif dalam meningkatkan kemampuan bernalar kritis siswa SD No. 3 Mambal. Dengan demikian, media ini Question Card dapat dijadikan alternatif pembelajaran yang inovatif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Question Card, suku dan budaya bangsa, kemampuan bernalar kritis. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Ni Luh Putu Santika Dewi |
Date Deposited: | 14 Feb 2025 11:19 |
Last Modified: | 14 Feb 2025 11:19 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23335 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |