PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DIGITAL BERORIENTASI SOSIO-KULTURAL TRI HITA KARANA UNTUK MENINGKATKAN LITERASI BUDAYA SISWA PADA TOPIK WARISAN BUDAYA KELAS V SD

Sanjaya, I Gede Adi (2025) PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DIGITAL BERORIENTASI SOSIO-KULTURAL TRI HITA KARANA UNTUK MENINGKATKAN LITERASI BUDAYA SISWA PADA TOPIK WARISAN BUDAYA KELAS V SD. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2329041008-COVER.pdf

Download (459kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2329041008-ABSTRAK.pdf

Download (55kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329041008-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (163kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329041008-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (319kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329041008-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (391kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329041008-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (555kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2329041008-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329041008-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (227kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2329041008-LAMPIRAN.pdf

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan guna mengembangkan media pembelajaran Komik Digital Berorientasi Sosio-Kultural Tri Hita Karana pada topik warisan budaya, mata pelajaran IPAS, kelas V sekolah dasar yang memiliki tingkat validitas yang baik, praktis dan efektif saat digunakan. Penelitian ini mengadaptasi model pengembangan ADDIE. Data dikumpulkan dengan instrument berupa kuisioner dan tes pilihan ganda. Data validitas media pembelajaran diperoleh dari e orang ahli yang menilai validitas media berdasarkan aspek media pembelajaran, konten materi IPAS SD dan bahasa. Data kepraktisan media diperoleh dari praktisi lapangan yang meliputi guru dan peserta didik yang terdiri atas 5 orang guru serta 9 peserta didik dalam uji coba kelompok kecil. Data uji efektivitas dilakukan dengan menggunakan desain One Group Pre-Test Post-Test pada 33 orang peserta didik sebagai subjek penelitian. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif untuk mendapatkan hasil yang akurat. Berdasarkan hasil penelitian media Komik digital berorientasi sosio-kultural dapat dinyatakan (1) valid ditinjau dari pendapat ahli pada aspek media pembelajaran, konten materi IPAS SD, dan bahasa. (2) praktis bila ditinjau berdasarkan perspektif praktisi sebagai pengguna media Komik digital yang meliputi guru dan peserta didik. (3) efektif dalam meningkatkan literasi bdaya peserta didik ditinjau dari hasil uji efektivitas media pembelajaran, selain itu berdasarkan uji effect size yang telah dilaksanakan mendapatkan hasil bahwa media ini sangat efektif untuk meningkatkan literasi budaya peserta didik. Berdasarkan hasil tersebut media pembelajaran Komik Digital Berorientasi Sosio-Kultural Tri Hita Karana pada topik warisan budaya, mata pelajaran IPAS kelas V Sekolah Dasar yang telah dikembangkan dinyatakan valid, praktis dan efektif dalam meningkatkan literasi budaya peserta didik sehingga layak bila digunakan dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran1, Komik Digital2, Sosio-Kultural3, Literasi Budaya4.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: I Gede Adi Sanjaya
Date Deposited: 14 Feb 2025 23:59
Last Modified: 14 Feb 2025 23:59
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23345

Actions (login required)

View Item View Item