PENGEMBANGAN MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR BERORIENTASI TRI HITA KARANA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Putri, Made Diah Prabaswari (2025) PENGEMBANGAN MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR BERORIENTASI TRI HITA KARANA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2329041041-COVER.pdf

Download (451kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2329041041-ABSTRAK.pdf

Download (93kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329041041-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (118kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329041041-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (274kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329041041-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (549kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329041041-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2329041041-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329041041-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (185kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2329041041-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media buku cerita bergambar berorientasi Tri Hita Karana yang valid, praktis, dan efektif pada pembelajaran IPAS di kelas IV sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian ini adalah media buku cerita bergambar berorientasi Tri Hita Karana, dan objek penelitian adalah validitas, kepraktisan, dan efektivitas media tersebut. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dan tes pilihan ganda. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Uji validitas media dan materi menggunakan instrumen Learning Object Review Instrument (LORI). Uji kepraktisan dilakukan dengan menggunakan instrumen angket kepraktisan media yang mencangkup aspek kemenarikan, kemudahan, ketepatan isi materi, dan kebermanfaatan dalam pembelajaran. Pengujian efektivitas dilakukan melalui metode pre-eksperimental dengan desain one group pretest-postest. Data hasil belajar dikumpulkan dengan tes dan dianalisis dengan uji-t dua ekor (two tailed t-test). Media ini tersedia dalam bentuk cetak dan digital flipbook yang dapat diakses melalui link dan barcode memuat materi fotosintesis dan nilai-nilai kearifan lokal seperti Tri Hita Karana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas ahli media dan ahli isi/materi mencapai skor 1,00 dan memeroleh indeks istimewa, kepraktisan oleh guru memeroleh skor rata-rata 63,8 dan kepraktisan oleh siswa memeroleh skor rata-rata 64,3, sehingga media dinyatakan valid dan praktis digunakan. Berdasarkan hasil uji coba kepada siswa, media dinyatakan efektif meningkatkan hasil belajar siswa dengan perolehan t hitung > t tabel yakni 8,619 > 1,697 dan nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) < 0,05 yakni 0,000 < 0,05 dengan ukuran efektivitas sebesar 1,573 tergolong tinggi, maka disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, penelitian ini menunjukkan bahwa media buku cerita bergambar berorientasi Tri Hita Karana yang dikembangkan dinyatakan valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPAS kelas IV sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, buku cerita bergambar, Tri Hita Karana, IPAS, Sekolah Dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Made Diah Prabaswari Putri
Date Deposited: 14 Feb 2025 23:52
Last Modified: 14 Feb 2025 23:52
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23349

Actions (login required)

View Item View Item