Laksana, I Komang Ngurah Jaya (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPAS PADA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2329041055-COVER.pdf Download (864kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2329041055-ABSTRAK.pdf Download (201kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329041055-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (280kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329041055-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (315kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329041055-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (711kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329041055-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (681kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2329041055-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (136kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329041055-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (207kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2329041055-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan rancang bangun dan menghasilkan e-modul berbasis discovery learning untuk meningkatkan prestasi belajar IPAS pada kelas IV sekolah dasar yang valid, praktis dan efektif. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE. Uji validitas media dan materi dilakukan melalui uji pakar oleh 2 orang ahli dengan menggunakan instrumen Learning Object Review Instrument (LORI) dan uji validitas bahasa melalui uji pakar oleh 2 orang ahli dengan menggunakan instrumen penilaian Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Subjek dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Muhammadiyah 2 Denpasar yang berjumlah 40 orang siswa. Uji satu-satu diuji cobakan pada 4 siswa dengan menggunakan teknik Cognitive Walk Through. Uji kelompok kecil diuji cobakan pada 9 siswa dengan menggunakan Evaluasi Heuristik. Uji Coba Terbatas dilakukan dengan Uji kepraktisan melalui 2 guru dan 28 siswa dengan Instrumen User Experience Questionnaire (UEQ) dan pengujian efektivitas dilakukan pada 28 siswa melalui pre-eksperimental dengan desain one group pre-test post-test. Penelitian ini menghasilkan rancang bangun dari e-modul yang memuat cover depan, menu utama, tujuan pembelajaran, isi e-modul dan biodata penulis. Uji kelayakan materi memperoleh rata-rata sebesar 4,1 dengan kategori sangat tinggi. Selanjutnya uji validitas media memperoleh rata-rata sebesar 4,7 dengan kategori sangat baik. Kepraktisan e-modul berbasis discovery learning oleh guru memperoleh rata-rata sebesar 2,76 dengan kategori sangat baik. Selanjutnya, kepraktisan oleh siswa memperoleh rata-rata sebesar 2,72 dengan kategori sangat baik. Efektivitas e-modul diperoleh nilai thitung sebesar 8,920 sedangkan ttabel sebesar 1,703 sehingga dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis discovery learning efektif dalam meningkatkan prestasi belajar IPAS pada kelas IV SD Muhammadiyah 2 Denpasar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-modul, Discovery Learning, Prestasi Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | I Komang Ngurah Jaya Laksana |
Date Deposited: | 15 Feb 2025 02:46 |
Last Modified: | 15 Feb 2025 02:46 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23354 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |