Adnyana, Made Agus Dwi (2020) PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK PADA TOPIK PERUBAHAN WUJUD BENDA KELAS V SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031051-COVER.pdf Download (996kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031051-ABSTRAK.pdf Download (133kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031051-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (173kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031051-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (389kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031051-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (351kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031051-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (424kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031051-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (143kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031051-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (147kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031051-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Hasil analisis buku siswa kelas V sekolah dasar pada semester II Tema 7 dan hasil observasi di SD Gugus VII Kecamatan Sukasada tahun pelajaran 2019/2020 menyatakan bahwa buku pedoman yang digunakan guru dan siswa dalam proses pembelajaran masih terbatas terutama pada materi IPA. Tampilan buku juga kurang menarik, sehingga siswa menjadi kurang memahami materi yang dijelaskan. Selain itu, kurangnya penggunaan dan pengembangan media didalam proses belajar mengajar juga mendasari dilaksanakannya penelitian ini. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tahapan pengembangan media pop-up book pada topik perubahan wujud dan untuk mengembangkan media pop-up book pada topik perubahan wujud benda yang teruji validitasnya. Dalam penelitian ini, pengembangan yang dilakukan menggunakan model pengembangan ADDIE (analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi), namun pada penelitian pengembangan ini hanya sampai pada tahap pengembangan. Instrumen yang digunakan untuk mengukur tingkat validitas media pop-up book adalah lembar penilaian dengan instrumen rating scale. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan memberikan kuesioner kepada para ahli. Untuk menganalisis data yang diperoleh menggunakan metode dan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil validitas media pop-up book dinyatakan valid dari penilaian para ahli dengan rata-rata skor 4,87. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pop-up book pada topik perubahan wujud benda mendapatkan hasil validitas yang dikatagorikan “sangat baik”, sehingga media pop-up book layak digunakan dalam pembelajaran di sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pop-Up Book, Topik Perubahan Wujud Benda |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LT Textbooks |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Made Agus Dwi Adnyana |
Date Deposited: | 26 Jul 2020 12:54 |
Last Modified: | 26 Jul 2020 12:54 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2336 |
Actions (login required)
View Item |