Suantini, Ni Nyoman (2025) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI CERITA RAKYAT “SIAP SELEM” PADA MATERI PENERAPAN NILAI-NILAI PANCASILA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS II SD NEGERI BONYOH. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2329041034-COVER.pdf Download (844kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2329041034-ABSTRAK.pdf Download (240kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329041034-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (321kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329041034-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (534kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329041034-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (552kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329041034-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (865kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2329041034-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (166kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329041034-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (261kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2329041034-LAMPIRAN.pdf Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk Menciptakan Media Video animasi cerita rakyat “Siap Selem” yang Valid, Praktis dan Efektif pada materi penerapan nilai- nilai Pancasila untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas II SD Negeri Bonyoh. Penelitian termasuk dalam jenis penelitian dengan metode Reserch and Development (R&D) dengan model pengembangan 4-D yaitu define, design, develop, dan disseminate. Metode Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode kuisioner/ angket dan metode tes. Subjek dalam penelitian ini yakni terdapat 2 ahli materi, 2 ahli media, 2 guru dan siswa siswi kelas II SD negeri Bonyoh. Hasil penelitian menunjukkan karakteristik Media Video Animasi Cerita Rakyat “Siap Selem” siswa dapat menemukan sendiri dan langsung mengimplementasikan materi sehingga pembelajaraan menjadi bermakna dan berpusat pada siswa. Materi pembelajaran dikaitkan dengan kearifan lokal cerita rakyat “Siap Selem” yang dekat dengan kehidupan sehari- hari, agar Media Video Animasi Cerita Rakyat “Siap Selem” lebih menarik dan menciptakan pengalaman belajar secara langsung kepada siswa. Media Video Animasi Cerita Rakyat “Siap Selem” telah diujicobakan untuk mengetahui validitas materi, validitas media dan uji coba memiliki tujuan guna mendapatkan kelayakan, kepraktisan dan keefektifan dari Media Video Animasi Cerita Rakyat “Siap Selem”. Hasil ujicoba menujukan bahwa Media Video Animasi Cerita Rakyat “Siap Selem” tergolong valid dari segi isi. Untuk uji kelayakan materi diperoleh skor 99, 65% berkualifikasi sangat baik dan kelayakan media diperoleh skor 99, 5% tergolong sangat baik. Selanjutnya kepraktisan dari sisi guru diperoleh skor 4,70 tergolong sangat praktis, sedangkan kepraktisan dari sisi siswa diperoleh skor 4,80 tergolong sangat praktis. Akhirnya, dari segi efektivitas diperoleh persentase ketuntasan klasikal siswa sebesar 59, 64%. Jadi dapat disimpulkan bahwa Media Video Animasi Cerita Rakyat “Siap Selem” ini cukup efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SD dalam materi Penerapan Nilai-Nilai Pancasila.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Video Animasi, “Siap Selem, Penerapan Nilai-Nilai Pancasila, Hasil Belajar, Model 4D |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Ni Nyoman Suantini |
Date Deposited: | 15 Feb 2025 12:10 |
Last Modified: | 15 Feb 2025 12:10 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23364 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |