Dewi, Putu Sri Darma (2020) PENDIDIKAN INKLUSIF PADA PEMBELAJARAN TAMAN KANAK-KANAK (STUDI KASUS DI TK RARE BALI SCHOOL). Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611061034-COVER.pdf Download (652kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611061034-ABSTRAK.pdf Download (398kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
161061034-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (347kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611061034-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (574kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611061034-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (275kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611061034-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (680kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611061034-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (216kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611061034-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (246kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611061034-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Pendidikan inklusif pada pembelajaran di taman kanak-kanak (TK) sangat penting untuk diterapkan karena pendidikan inklusif dapat mengakomodasi seluruh kebutuhan peserta didik. Sesuai dengan kebijakan dunia, setiap orang berhak mendapatkan pendidikan seperti yang ditegaskan dalam Deklarasi Universal Hak-Hak Asasi Manusia. Maka dari itu, anak berkebutuhan khusus pun berhak mengakses pendidikan, salah satunya melalui pendidikan inklusif. Namun, pendidikan inklusif pada jenjang TK masih jarang ditemukan khususnya di Kota Singaraja. Salah satu TK di Singaraja yang menerapkan pendidikan inklusif adalah TK Rare Bali School. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendiskripsikan lebih dalam mengenai pembelajaran di TK Rare Bali School dalam menerapkan pendidikan inklusif. Penelitian ini menerapkan pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis studi kasus. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Data dianalisis menggunakan teknik analisis Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran pada pendidikan inklusif di TK Rare Bali School terdiri dari 3 aspek yaitu komponen perencanaan pendidikan inklusif, gambaran pelaksanaan pendidikan inklusif, dan evaluasi pada pembelajaran inklusif dengan berbasiskan pada kearifan lokal budaya Bali. Kata Kunci : Pendidikan Inklusif, Anak Berkebutuhan Khusus, Pembelajaran TK
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Inklusif, Anak Berkebutuhan Khusus, Pembelajaran TK |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1) |
Depositing User: | PUTU SRI DARMA DEWI |
Date Deposited: | 25 Jul 2020 09:57 |
Last Modified: | 25 Jul 2020 09:57 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2340 |
Actions (login required)
View Item |