Wahyuni, Sevi (2020) PENGARUH METODE SERVICE LEARNING TERHADAP PERILAKU PROSOSIAL ANAK KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK GUGUS III KECAMATAN SUKASADA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611061004-COVER.pdf Download (817kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611061004-ABSTRAK.pdf Download (103kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611061004-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (300kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611061004-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (361kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611061004-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (617kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611061004-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (549kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611061004-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (105kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611061004-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (211kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611061004-LAMPIRAN.pdf Download (19MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan perilaku prososial antara kelompok eksperimen dengan metode service learning dan kelompok kontrol dengan metode konvensional pada anak kelompok B Taman Kanak-kanak Gugus III Kecamatan Sukasada tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen (eksperimen semu) dengan rancangan non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh anak kelompok B di Gugus III Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster sampling. Total sampel penelitian ini berjumlah 50 anak, dengan 26 anak kelompok B1 di TK Widhya Laksmi sebagai kelompok eksperimen dan 24 anak kelompok B1 di TK Dharma Bhakti sebagai kelompok kontrol. Data dikumpulkan menggunakan teknik observasi dan rubrik dengan kriteria penilaian 1=BB, 2=MB, 3=BSH, dan 4=BSB. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan perilaku prososial antara anak yang belajar dengan metode service learning dan anak yang belajar tidak dengan metode service learning dengan thitung = 19,463 dan ttabel (dk = 48 dan taraf signifikansi 5%) = 2,01. Oleh karena itu, hasil thitung > ttabel = 19,463 > 2,034, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan perilaku prososial antara kelompok eksperimen dengan metode service learning dan kelompok kontrol dengan metode konvensional pada anak kelompok B Taman Kanak-kanak Gugus III Kecamatan Sukasada tahun pelajaran 2019/2020. Kata kunci: anak usia dini, metode service learning, perilaku prososial
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | anak usia dini, metode service learning, perilaku prososial |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1) |
Depositing User: | Sevi Wahyuni |
Date Deposited: | 25 Jul 2020 11:54 |
Last Modified: | 25 Jul 2020 11:54 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2341 |
Actions (login required)
View Item |