Tirtawati, I Gusti Ayu (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPBOOK BERBASIS PEMECAHAN MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031074-COVER.pdf Download (455kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031074-ABSTRAK.pdf Download (29kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031074-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (193kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031074-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (551kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031074-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (616kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031074-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031074-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (42kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031074-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (198kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031074-LAMPIRAN.pdf Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas permasalahan rendahnya hasil berlajar IPAS siswa, dan kurangnya pemanfaatan media pembelajaran untuk mendukung proses pembelajaran di kelas V SD. Pengembangan media pembelajaran yang inovatif, interaktif, dan sesuai kebutuhan siswa merupakan solusi tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini berfokus pada empat tujuan yaitu, rancang bangun, validitas, kepraktisan, dan efektivitas media pembelajaran flipbook berbasis pemecahan masalah untuk meningkatkan hasil belajar IPAS Siswa Kelas V SD. Penelitian ini menggunakan pendekatan pengembangan dengan model penelitian R&D (Research and Development). Tahapan penelitian meliputi perencanaan, pengembangan, dan uji coba produk. Jenis analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Desain uji coba produk penelitian ini menggunakan metode pra-eksperimental dengan desain penelitian one group pretest-posttest. Subjek uji efektivitas terdiri dari 32 siswa kelas V dengan uji-t berkorelasi (dependent). Temuan peneliti menunjunjukan media pembelajaran flipbook berbasis pemecahan masalah memperoleh indeks validitas materi dan media dengan kualifikasi sangat valid. Memperoleh indeks kepraktisan dengan kualifikasi sangat praktis. Serta secara singnifikan meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas V. Temuan ini memberikan solusi yang relevan terhadap rendahnya hasil belajar siswa, dan kurangnya pemanfaatahn media pembelajaran di kelas V SD. Sebagai kesimpulan, media flipbook berbasis pemecahan masalah merupakan media pembelajaran yang efektif dan inovatif untuk mendukung terciptanya pembelajaran yang optimal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | flipbook, pemecahan masalah, hasil belajar, IPAS |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Gusti Ayu Tirtawati |
Date Deposited: | 18 Feb 2025 06:42 |
Last Modified: | 18 Feb 2025 06:42 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23437 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |