Anggita, Desak Ayu Made Dian (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPBOOK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DAN MENYIMAK SISWA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI TEKS DESKRIPSI KELAS V SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031190-COVER.pdf Download (833kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031190-ABSTRAK.pdf Download (208kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031190-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (269kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031190-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (388kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031190-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (452kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031190-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031190-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (219kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031190-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (254kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031190-LAMPIRAN.pdf Download (18MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak penggunaan media flipbook berbasis problem based learning terhadap keterampilan menyimak dan menulis teks deskripsi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SD. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD berjumlah 24 orang. Kemudian, objek dalam penelitian ini adalah keterampilan menyimak dan menulis peserta didik pada teks deskripsi Bahasa Indonesia kelas V SD. Data dikumpulkan melalui pendekatan observasi, wawancara, dan tes. Sedangkan, untuk menganalisis data, digunakan metode analisis statistik deskriptif yang dipadukan dengan uji statistik inferensial (Uji-t). Hasil penelitian ini yaitu uji validitas media, desain, dan materi diperoleh skor masing-masing 3,86, 3,98, dan 3,93 dengan kategori sangat valid. Kemudian diperoleh skor uji kepraktisan perorangan sebesar 94,90, sedangkan uji kelompok kecil sebesar 94,10 dengan kriteria sangat layak. Selanjutnya uji efektivitas, keterampilan menyimak dan memperoleh hasil yang sama yaitu menggunakan rumus uji t dan diperoleh hasil, bahwa nilai signifikansi(2-tailed) adalah sebesar <0,001. Hasil tersebut menunjukkan bahwa nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (taraf signifikansi 5%) atau p < 0,005. Artinya, H0 ditolak dan H1 diterima. Penelitian ini hanya berfokus pada materi teks deskripsi mata pada kelas V pelajaran Bahasa Indonesia serta penggunaan media yang hanya bisa secara online saja. Berdasarkan hal tersebut, disarankan untuk peneliti lain mengembangkan produk serupa pada materi dan tingkat pendidikan yang berbeda sehingga peserta didik tidak hanya dapat merasakan belajar dengan cara yang berbeda pada materi itu saja. Peneliti lain diharapkan dapat mengembangkan media flipbook berbasis problem based learning yang disesuaikan dengan daerah masing-masing dan mengembangkan produk sejenis yang dapat diterapkan sesuai dengan karakteristik siswa dan gaya belajar yang berbeda.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | flipbook, problem based learning, keterampilan menyimak, keterampilan menulis, teks deskripsi |
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PZ Childrens literature T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Desak Ayu Made Dian Anggita |
Date Deposited: | 19 Feb 2025 05:40 |
Last Modified: | 19 Feb 2025 05:40 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23489 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |