PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN NONTES BERBASIS SMART DALAM PEMBELAJARAN METAKOGNITIF UNTUK OPTIMALISASI PEMBERIAN FEEDBACK PADA SISWA KELAS IV SD

Lestari, Kadek Intan Dwi (2025) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN NONTES BERBASIS SMART DALAM PEMBELAJARAN METAKOGNITIF UNTUK OPTIMALISASI PEMBERIAN FEEDBACK PADA SISWA KELAS IV SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2111031081-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031081-ABSTRAK.pdf

Download (777kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031081-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031081- BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031081-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031081- BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031081-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (934kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031081- DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031081- LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kevaliditasan dan reliabilitas instrument penilaian nontes berbasis SMART pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini yaitu wali kelas IV SD. Kemudian, objek dalam penelitian ini adalah kemampuan membaca pemahaman Bahasa Indonesia kelas IV SD. Pengumpulan data yang digunakan dengan observasi, wawancara, dan kuesioner. Hasil penelitian ini yaitu uji validitas bahasa dan isi, diperoleh skor masing-masing 3,8, 3,9, dengan kategori sangat valid. Kemudian kriteria yang digunakan dalam menguji validitas butir pernyataan adalah rxy > 0,878 dengan kategori valid. Uji reliabilitas tes ketiga instrumen diperoleh hasil sebesar 1,00 dengan kategori sangat tinggi. Berdasarkan hal tersebut, disarankan untuk peneliti lain mengembangkan produk sejenis pada materi dan jenjang yang berbeda sehingga peserta didik tidak hanya dapat merasakan belajar dengan cara yang berbeda pada materi itu saja. Peneliti lain diharapkan dapat mengembangkan instrumen penilaian nontes berbasis SMART yang disesuaikan dengan daerah masing-masing dan mengembangkan produk sejenis yang dapat diterapkan sesuai dengan karakteristik siswa dan gaya belajar yang berbeda.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: instrumen penilaian nontes, metode SMART, feedback
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Kadek Intan Dwi Lestari
Date Deposited: 19 Feb 2025 06:46
Last Modified: 19 Feb 2025 06:46
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23498

Actions (login required)

View Item View Item