PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF CAPU BALI BERORIENTASI BUDAYA UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I SD

Novelia, Arsita (2025) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF CAPU BALI BERORIENTASI BUDAYA UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011031288-COVER.pdf

Download (846kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011031288-ABSTRAK.pdf

Download (29kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031288-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (126kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031288-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031288-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (264kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031288-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (696kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031288-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031288-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (160kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011031288-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan membaca permulaan dan pemanfaatan budaya pada kegiatan pembelajaran yang belum optimal. Terdapat empat tujuan pada penelitian ini, yaitu: (1) menghasilkan rancang bangun bahan ajar interaktif CAPU BALI, (2) mengetahui validitas bahan ajar interaktif CAPU BALI, (3) mengetahui respon guru terhadap kepraktisan bahan ajar interaktif CAPU BALI, dan (4) mengetahui respon siswa terhadap kepraktisan bahan ajar interaktif CAPU BALI. Model penelitian yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE, yang tersusun atas lima tahapan, yaitu: analisis, perancangan, pengembangangan, implementasi, dan evaluasi. Data dari validitas bahan ajar bersumber dari ahli media pembelajaran dan ahli materi. Data dari kepraktisan bahan ajar bersumber pada kelas I SD dan guru. Metode pengumpulan data, yaitu wawancara, observasi, dan angket/kuesioner. Instrumen yang dipergunakan untuk mengumpulkan data, yaitu pedoman wawancara dan rating scale. Hasil penelitian ini, yaitu: (1) bahan ajar interaktif CAPU BALI yang telah dihasilkan memperoleh indeks validitas isi materi sebesar 0,96 dengan predikat sangat valid, (2) bahan ajar interaktif CAPU BALI yang telah dihasilkan memperoleh indeks validitas isi media sebesar 0,91 dengan predikat sangat valid, (3) tingkat pencapaian respon guru terhadap bahan ajar interaktif CAPU BALI adalah sebesar 100% dengan predikat sangat baik, dan (4) tingkat pencapaian respon siswa adalah sebesar 94% dengan predikat sangat baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar interaktif CAPU Bali berorientasi budaya untuk keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas I SD dianggap valid, dan praktis sehingga layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Bahan Ajar Interaktif, Keterampilan Membaca Permulaan, Budaya Bali
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: ARSITA NOVELIA
Date Deposited: 19 Feb 2025 14:29
Last Modified: 19 Feb 2025 14:29
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23520

Actions (login required)

View Item View Item