Maharani, Ni Kadek Dila (2025) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN USAHA KULINER SERANGAN BERBASIS TRI HITA KARANA MATERI KONDISI PEREKONOMIAN DI DAERAHKU MUATAN IPS SISWA KELAS V SD NO. 1 LUKLUK BADUNG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2111031249-COVER.pdf Download (967kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031249-ABSTRAK.pdf Download (125kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031249-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (86kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031249-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (207kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031249-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (774kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031249-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031249-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (56kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031249-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (185kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031249-LAMPIRAN.pdf Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun Media Video Pembelajaran Usaha Kuliner Serangan Berbasis Tri Hita Karana Materi Kondisi Perekonomian di Daerahku Muatan IPS Siswa Kelas V SD No. 1 Lukluk Badung, (2) untuk mengetahui kualitas Media Video Pembelajaran Usaha Kuliner Serangan Berbasis Tri Hita Karana Materi Kondisi Perekonomian di Daerahku Muatan IPS Siswa Kelas V SD No. 1 Lukluk Badung, (3) mengetahui efektivitas Media Video Pembelajaran Usaha Kuliner Serangan Berbasis Tri Hita Karana Materi Kondisi Perekonomian di Daerahku Muatan IPS Siswa Kelas V SD No. 1 Lukluk Badung. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Metode pengumpulan data dilaksanakan melalui metode angket/kuesioner, dan metode tes berupa soal pilihan ganda. Hasil penelitian ini adalah (1) rancang bangun media video pembelajaran berdasarkan hasil penilaian dari ahli rancang bangun bangun sebesar 90,90% dengan kualifikasi sangat baik, (2) media video pembelajaran dinyatakan layak berdasarkan hasil penilaian dari ahli isi mata pelajaran sebesar 91,07% dengan kualifikasi sangat baik, hasil penilaian dari ahli desain intruksional sebesar 92,5% dengan kualifikasi sangat baik, hasil penilaian dari ahli media pembelajaran sebesar 91,66% dengan kualifikasi sangat baik, hasil penilaian uji coba perorangan sebesar 98% dengan kualifikasi sangat baik, dan hasil penilaian uji coba kelompok kecil sebesar 93,88% dengan kualifikasi sangat baik. (3) efektivitas media video pembelajaran berdasarkan uji-t sample dependent diperoleh nilai thitung = 17, 901 sedangkan nilai ttabel dengan dk = n-1 = 24-1 = 23 pada taraf signifikasi 5% diperoleh sebesar 1,713. Hasil tersebut menunjukkan thitung > ttabel sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa media video pembelajaran usaha kuliner Serangan berbasis Tri Hita Karana efektif diterapkan pada materi kondisi perekonomian di daerahku muatan IPS siswa kelas V SD No. 1 Lukluk Badung.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: pengembangan, video pembelajaran, Tri Hita Karana, IPS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Kadek Dila Maharani |
Date Deposited: | 20 Feb 2025 04:21 |
Last Modified: | 20 Feb 2025 04:21 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23523 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |