PENGEMBANGAN E-KAMUS GERAK DASAR TARI BARONG BERBASIS DIRECT INSTRUCTION MATA PELAJARAN SBDP MATERI DINAMIKA GERAK TARI PADA SISWA KELAS III DI SEKOLAH TUNARUNGU SUSHRUSA

Putra, I Putu Widiyana (2025) PENGEMBANGAN E-KAMUS GERAK DASAR TARI BARONG BERBASIS DIRECT INSTRUCTION MATA PELAJARAN SBDP MATERI DINAMIKA GERAK TARI PADA SISWA KELAS III DI SEKOLAH TUNARUNGU SUSHRUSA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2111031144-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031144-ABSTRAK.pdf

Download (431kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031144-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (365kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031144-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (431kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031144-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (678kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031144-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031144-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031144-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (529kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031144-LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan rancang bangun media E-Kamus gerak dasar tari Barong berbasis direct instruction pada mata pelajaran SBdP untuk siswa tunarungu di Sekolah Tunarungu Sushrusa, (2) untuk mengetahui kelayakan media E-Kamus gerak dasar tari Barong berbasis direct instruction pada mata pelajaran SBdP untuk siswa tunarungu ditinjau dari uji ahli isi, uji ahli desain, uji ahli media, serta uji coba perorangan dan uji coba kelompok kecil siswa tunarungu di Sekolah Tunarungu Sushrusa, dan (3) untuk mengetahui efektivitas media E-Kamus gerak dasar tari Barong berbasis direct instruction pada mata pelajaran SBdP untuk siswa tunarungu di Sekolah Tunarungu Sushrusa. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan, yakni tahap analisis, perancangan, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Metode pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan metode non-tes berupa lembar angket/kuesioner serta lembar penilaian unjuk kerja. Hasil penelitian pengembangan ini berupa (1) rancang bangun media Rancang bangun dari media E-Kamus gerak dasar tari Barong berbasis direct instruction memperoleh penilaian ahli rancang bangun sebesar 95,45% dengan kualifikasi sangat baik/sangat layak, (2) validasi media E-Kamus gerak dasar tari Barong berbasis direct instruction berada pada kategori sangat baik dengan validasi isi memperoleh 95%, validasi desain instruksional memperoleh 95%, hasil validasi media memperoleh 95%, uji coba perorangan memperoleh 93,75%, dan uji coba kelompok kecil memperoleh 95,48%. (3) Berdasarkan hasil uji-t sample dependent diperoleh nilai thitung (17,855) > ttabel (2,571) dengan taraf signifikansi 5% dan dk = n – 1 = 6 – 1 = 5, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa media E-Kamus gerak dasar tari Barong berbasis direct instruction efektif diterapkan pada mata pelajaran SBdP materi dinamika gerak tari pada siswa kelas III di Sekolah Tunarungu Sushrusa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: pengembangan, media e-kamus, tari Barong, direct instruction
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Putu Widiyana Putra
Date Deposited: 20 Feb 2025 04:26
Last Modified: 20 Feb 2025 04:26
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23532

Actions (login required)

View Item View Item