PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI BERBANTUAN MEDIA MANIPULATIF TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN MATEMATIKA SISWA SD KELAS V GUGUS 4 KECAMATAN SELAT TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Ariyanti, Ni Komang Ayu (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI BERBANTUAN MEDIA MANIPULATIF TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN MATEMATIKA SISWA SD KELAS V GUGUS 4 KECAMATAN SELAT TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2111031132-COVER.pdf

Download (556kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031132-ABSTRAK.pdf

Download (253kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031132-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (226kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031132-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (306kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031132-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (381kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031132-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (306kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031132-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031132-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (219kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031132-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kompetensi pengetahuan metamatika pada kelompok yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran SAVI berbantuan media manipulatif siswa kelas V SD Gugus 4 Kecamatan Selat, (2) mendeskripsikan kompetensi pengetahuan metamatika pada kelompok yang tidak dibelajarkan menggunakan model pembelajaran SAVI berbantuan media manipulatif siswa kelas V SD Gugus 4 Kecamatan Selat, (3) mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran SAVI berbantuan media manipulatif terhadap kompetensi pengetahuan matematika siswa SD Kelas V gugus 4 Kecamatan Selat Tahun Pelajaran 2024/2025. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasy experimental design) dengan desain penelitian yaitu post-test only control design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Gugu 4 Kecamatan Selat sebanyak 130 siswa, dengan penentuan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Hasil SD Negeri 1 Muncan sebagai kelompok eksperimen sebanyak 22 siswa dan SD Negeri 2 Muncan sebagai kelompok kontrol sebanyak 22 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes, dengan jenis tes yang digunakan adalah tes pilihan ganda berjumlah 20 butir soal yang telah divalidasi. Data kompetensi pengetahuan matematika yang diperoleh dari hasil post-test dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil analisis post-test kelompok eksperimen diperoleh nilai rata-rata yaitu 80 termasuk kategori tinggi. Hasil analisis post-test kelompok kontrol diperoleh nilai rata-rata yaitu 65,23 termasuk kategori sedang. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan analisis statistik inferensial teknik uji-t pollend varians. Hasil analisis data diperoleh thitung = 3,427 > ttabel = 1,681 pada taraf signifikansi 5% dengan dk 42, jadi H0 ditolak dan H1 diterima. Ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan matematika antara siswa yang diberi perlakukan model pembelajaran SAVI berbantuan media manipulaif dengan siswa yang tidak diberikan perlakukan model pembelajaran SAVI berbantuan media manipulaif. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran SAVI berbantuan media manipulatif berpengaruh signifikan terhadap kompetensi pengatahuan siswa SD kelas V Gugus 4 Kecamatan Selat Tahun Pelajran 2024/2025.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: SAVI, media manipulatif, kompetensi pengetahuan matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Komang Ayu Ariyanti
Date Deposited: 20 Feb 2025 06:21
Last Modified: 20 Feb 2025 06:21
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23552

Actions (login required)

View Item View Item