Dewi, Ni Made Windy Aristya (2025) IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB PADA SISWA KELAS VII A3 DI SMP NEGERI 1 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2114041005-COVER.pdf Download (456kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2114041005-ABSTRAK.pdf Download (91kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2114041005-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (140kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2114041005-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (291kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2114041005-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2114041005-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (498kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2114041005-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (102kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2114041005-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (182kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2114041005-LAMPIRAN.pdf Download (11MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk merinci beberapa aspek kunci mengenai proyek yang dirancang untuk memperkuat profil siswa Pancasila (P5) dan menumbuhkan karakter disiplin dan tanggung jawab pada siswa kelas tujuh kelas A3 di SMP Negeri 1 Singaraja. Secara khusus, kajian ini berfokus pada: (1) strategi perencanaan proyek yang digunakan untuk meningkatkan profil pelajar Pancasila; (2) tahapan kegiatan dan hasil proyek yang bertujuan untuk menumbuhkan disiplin dan tanggung jawab; dan (3) tantangan yang dihadapi, beserta kendala yang dihadapi dan solusi yang diusulkan selama proyek berlangsung. Dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, penelitian ini memilih subjeknya melalui purposive sampling. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) pelaksanaan proyek di SMP Negeri 1 Singaraja mengadopsi strategi diferensiasi untuk lebih memenuhi kebutuhan belajar siswa melalui perencanaan kegiatan yang terstruktur; (2) Program P5 meliputi sembilan kegiatan yaitu pendahuluan, pembentukan kelompok, penyusunan pertanyaan wawancara, observasi dan perancangan, latihan wawancara, observasi lapangan, pengolahan hasil wawancara, penyusunan dan penyuntingan, dan terakhir presentasi hasil kerja, serta sesi refleksi hasil pembelajaran; (3) tantangan yang dihadapi dalam pelaksanaan proyek antara lain kesulitan memahami modul P5, mengikuti alur kegiatan, dan mengatur waktu secara efektif. Menanggapi tantangan ini, sekolah telah menyelenggarakan lokakarya, mengembangkan jurnal P5, dan menetapkan jadwal terstruktur untuk mendukung keterlibatan dan pembelajaran siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), Karakter Disiplin, Karakter Tanggung Jawab |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan > Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan (S1) |
Depositing User: | Ni Made Windy Aristya Dewi |
Date Deposited: | 20 Feb 2025 09:58 |
Last Modified: | 20 Feb 2025 09:58 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23571 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |