PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS BERPENDEKATAN NEURO-LINGUISTIC PROGRAMMING MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SEKOLAH DASAR DI KELAS RENDAH

Patni, Ni Nyoman Ayu Dhyana Radha (2025) PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS BERPENDEKATAN NEURO-LINGUISTIC PROGRAMMING MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SEKOLAH DASAR DI KELAS RENDAH. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2111031294-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031294-ABSTRAK.pdf

Download (216kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031294-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (241kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031294-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (351kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031294-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (506kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031294-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (381kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031294-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031294-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (210kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031294-LAMPIRAN.pdf

Download (12MB)

Abstract

Hasil belajar bahasa Indonesia siswa sekolah dasar masih rendah akibat penggunaan metode pembelajaran konvensional yang kurang melibatkan siswa secara aktif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievement Divisions (STAD) berbasis Neuro-Linguistic Programming (NLP) dalam meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas III sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu dengan Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel penelitian terdiri dari 48 siswa yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelas eksperimen yang diajar menggunakan model STAD berbasis NLP dan kelas kontrol yang diajar menggunakan metode konvensional. Data dikumpulkan melalui tes objektif pilihan ganda dan dianalisis menggunakan statistik deskriptif serta uji-t untuk mengukur perbedaan hasil belajar antar kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol (thitung = 5,11 > ttabel = 2,00), dengan persentase pencapaian masing-masing 87%untuk kelas eksperimen dan 51% untuk kelas kontrol. Temuan ini menunjukkan bahwa kombinasi model STAD dengan pendekatan NLP efektif dalam meningkatkan pemahaman dan motivasi belajar siswa. Implikasi penelitian ini menekankan pentingnya penerapan strategi pembelajaran inovatif yang mengakomodasi aspek kognitif dan psikologis siswa guna meningkatkan efektivitas pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif, STAD, Neuro-Linguistic Programming, Hasil Belajar, Bahasa Indonesia
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Nyoman Ayu Dhyana Radha Patni
Date Deposited: 20 Feb 2025 10:06
Last Modified: 20 Feb 2025 10:06
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23574

Actions (login required)

View Item View Item