PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH MATERI HARMONI DALAM EKOSISTEM MATA PELAJARAN IPAS PADA SISWA KELAS V SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2024/2025 DI SD NEGERI 6 SANUR DENPASAR

Putri, Kadek Emy Dhyana (2025) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH MATERI HARMONI DALAM EKOSISTEM MATA PELAJARAN IPAS PADA SISWA KELAS V SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2024/2025 DI SD NEGERI 6 SANUR DENPASAR. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2111031216-COVER.pdf

Download (704kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031216-ABSTRAK.pdf

Download (254kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031216-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (64kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031216-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031216-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (681kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031216-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031216-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031216-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (275kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031216-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun video pembelajaran berbasis masalah materi harmoni dalam ekosistem, (2) mengetahui kualitas video pembelajaran berbasis masalah materi harmoni dalam ekosistem yang ditinjau dari rancang bangun, isi, desain instruksional, media pembelajaran, uji coba perorangan dan kelompok kecil, (3) mengetahui efektivias video pembelajaran berbasis masalah materi harmoni dalam ekosistem. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, tes objektif pilihan ganda biasa, dan Teknik analisis data deskriptif kuantitatif serta statistik inferensial. Hasil penelitian adalah (1) rancang bangun media video pembelajaran dengan hasil penilaian rancang bangun dari ahli rancang bangun dengan persentase 92,50% yang berada pada kategori sangat baik,; (2) kualitas video pembelajaran menunjukkan hasil uji ahli isi mata pelajaran sebesar 90% dengan kategori sangat baik; uji ahli desain instruksional sebesar 91,66% dengan kategori sangat baik, uji ahli media pembelajaran sebesar 91,66% dengan kategori sangat baik, uji coba perorangan sebesar 92,50% dengan kategori sangat baik dan uji coba kelompok kecil sebesar 90,83% dengan kategori sangat baik; (3) Hasil uji-t diperoleh thitung sebesar 2,07, dengan harga ttabel untuk dk 23 dengan taraf signifikansi 5% (α = 0,05) adalah 1,71. Dengan demikian, thitung > ttabel sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media video pembelajaran berbasis masalah efektif digunakan pada materi harmoni dalam ekosistem mata pelajaran IPAS pada peserta didik kelas V SD Negeri 6 Sanur Denpasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Video pembelajaran, IPAS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Kadek Emy Dhyana Putri
Date Deposited: 20 Feb 2025 13:50
Last Modified: 20 Feb 2025 13:50
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23586

Actions (login required)

View Item View Item