Mayuni, Ni Putu Wiwik (2025) EVALUASI EFEKTIVITAS RAPOR PENDIDIKAN SEBAGAI DASAR PENYUSUNAN PROGRAM BERBASIS DATA UNTUK PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PADA SEKOLAH PENGGERAK DI KABUPATEN GIANYAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2329031013-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2329031013-ABSTRAK.pdf Download (442kB) |
![]() |
Text (BAB I PENDAHULUAN)
2329031013-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (542kB) |
![]() |
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
2329031013-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
2329031013-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329031013-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (579kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V PENUTUP)
2329031013-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (383kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329031013-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (451kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2329031013-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Wiwik Mayuni, Ni Putu (2025), Evaluasi Efektivitas Rapor Pendidikan Sebagai Dasar Penyusunan Program Berbasis Data Untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran Pada Sekolah Penggerak di Kabupaten Gianyar, Program Administrasi Pendidikan, Program Pasca Sarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I : Prof. Dr. I Made Yudana, M.Pd. dan Pembimbing II: Dr. Ni Luh Gede Erni Sulindawati, S.E., Ak., M. Pd. Kata kunci: CIPP, evaluasi program, Rapor Pendidikan, Sekolah Penggerak Evaluasi program merupakan langkah penting untuk memastikan keberhasilan suatu program pendidikan, termasuk dalam program Rapor Pendidikan di Sekolah Penggerak. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas pelaksanaan program Rapor Pendidikan di Sekolah Penggerak Kabupaten Gianyar menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Metode penelitian yang digunakan adalah evaluasi deskriptif dengan mengkaji variabel- variabel dalam model CIPP untuk menilai sejauh mana program berjalan efektif. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa variabel Context, Process, dan Product tergolong efektif dengan jumlah respons positif (∑ (+)) lebih besar dibandingkan jumlah respons negatif (∑ (-)), masing-masing menghasilkan nilai (+). Variabel Context mencerminkan perencanaan program yang relevan dengan kebutuhan sekolah, sedangkan variabel Process menunjukkan bahwa pelaksanaan program berjalan sesuai prosedur yang sistematis. Variabel Product menunjukkan bahwa hasil program mampu memberikan dampak positif bagi peningkatan kualitas pembelajaran. Namun, variabel Input dinyatakan tidak efektif dengan jumlah respons positif lebih kecil dibandingkan jumlah respons negatif (∑ (+) < ∑ (-)). Hal ini menunjukkan adanya kelemahan dalam sumber daya pendukung, seperti ketersediaan data yang valid, kompetensi tenaga pendidik, dan infrastruktur. Secara keseluruhan, evaluasi program menunjukkan hasil (+ - + +), yang berarti program Rapor Pendidikan efektif dalam tiga variabel namun memerlukan peningkatan pada variabel Input. Temuan ini menegaskan pentingnya validasi data, pelatihan bagi pendidik, dan alokasi sumber daya untuk mendukung keberlanjutan dan keberhasilan program.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | CIPP, evaluasi program, Rapor Pendidikan, Sekolah Penggerak |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Administrasi Pendidikan (S2) |
Depositing User: | Ni Putu Wiwik Mayuni |
Date Deposited: | 21 Feb 2025 02:29 |
Last Modified: | 21 Feb 2025 02:29 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23597 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |