Hamdi, Agus (2025) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN MATERI RECEPTION PADA MATA PELAJARAN FRONT OFFICE KELAS XII PERHOTELAN DI SMK NEGERI 1 SAWAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2015011010-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2015011010-ABSTRAK.pdf Download (397kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2015011010-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (376kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2015011010-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (500kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
2015011010-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (662kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2015011010-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2015011010-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (354kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2015011010-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (368kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2015011010-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahapan dan kelayakan pengembangan media video pembelajaran kelas XII Perhotelan di SMK Negeri 1 Sawan materi Reception pada mata pelajaran Front Office. Penelitian ini menggunakan pendekatan (R&D) Research and Development dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Metode pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan kuesioner. Tahap Analysis mengidentifikasi perlunya media video yang menarik untuk meningkatkan pembelajaran dengan meninjau materi terkini, karakteristik siswa, dan penyelarasan kurikulum. Tahap Design konsep video, tujuan, dan kerangka konten media ditetapkan, diikuti dengan pengembangan storyboard. Tahap Development, evaluasi ahli menghasilkan skor tinggi: 100% (materi), 96,67% (media), dan 96% (desain instruksional), dengan umpan balik yang disertakan untuk penyempurnaan. Tahap Implementation, uji coba kelompok kecil memperoleh skor 96%. Pada tahap Evaluation, perbaikan lebih lanjut dilakukan, seperti penyelarasan dengan pedoman EYD dan peningkatan musik latar. Hasil akhir sangat positif, dengan skor respon siswa sebesar 98,3%, yang menunjukkan keberhasilan video sebagai alat pembelajaran yang menarik dan efektif sehingga media video pembelajaran ini dinilai sangat layak digunakan sebagai media untuk menyampaikan materi dari guru kepada siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan, front office, reception, media video pembelajaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknologi Industri > Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (S1) |
Depositing User: | Agus Hamdi |
Date Deposited: | 06 Mar 2025 23:58 |
Last Modified: | 06 Mar 2025 23:58 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23683 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |